Kenali Tanda Sinyal Pada BlackBerry dan Cara Memancingnya

by
February 15th, 2013 at 11:44 am

signal_strengthCiriCara.com – Indikator sinyal BlackBerry kadang berganti-ganti tergantung kekuatan sinyal di mana lokasi ponsel BlackBerry itu berada. Mulai dari tulisan 3G, EDGE, GPRS, GSM, hingga SOS. Walau mungkin banyak yang belum paham maksudnya, namun tentunya pengguna sudah hafal dengan performa tanda sinyal-sinyal ini.

Tentunya paling menjengkelkan saat sinyal ponsel BlackBerry kita bertuliskan SOS, yaitu suatu keadaan hilangnya sinyal yang membuat kita tidak bisa melakukan kegiatan telepon, SMS, BBM, apalagi browsing. Ingin tahu lebih banyak tentang tanda sinyal-sinyal ini? Berikut ada panduan mengenal tanda sinyal BlackBerry dan cara memancingnya:

Tanda sinyal GPRS/EDGE/3G

Bila tanda sinyal BlackBerry menunjukan salah satu dari tiga tanda ini dengan huruf besar artinya BlackBerry sedang dalam paket BlackBerry Internet Service (BIS). Namun apabila tanda-tanda tadi muncul dengan huruf kecil gprs/edge/3g artinya Anda belum terdaftar layanan BIS.

1. Tanda sinyal 3G

Tanda ini menunjukan bahwa BlackBerry Anda sedang dalam koneksi terbaik tergantung kecepatan dari penyedia layanan seluler yang Anda gunakan dan balok sinyal yang didapat. Artinya, BlackBerry Anda berada pada jalur cepat, umumnya kegiatan seperti berkirim BlackBerry Messenger dan browsing lebih lancar di jalur ini.

2. Tanda sinyal EDGE

Tanda ini menunjukan sinyal yang Anda dapat bagus tapi lebih lambat dari sinyal 3G, di mana browsing dan download akan terasa lambat. Namun untuk BBM sinyal ini sudah cukup cepat.

3. Tanda sinyal GPRS

Sinyal ini lebih lambat lagi dari EDGE, di mana fasilitas BIS akan terasa terhambat, entah itu browsing, BBM, dsb.

4. Tanda sinyal GSM

Bila BlackBerry Anda mendapat sinyal ini maka sudah dipastikan Anda tidak bisa melakukan aktifitas menggunakan BIS. Namun Anda tetap bisa melakukan panggilan telepon dan pesan singkat secara lancar tergantung kekuatan sinyal GSM yang Anda dapatkan.

5. Tanda sinyal SOS

Tanda sinyal inilah yang paling parah, artinya Anda tidak dapat sinyal sama sekali dan tidak dapat melakukan apapun termasuk telepon dan SMS.

Kadang permasalahan sinyal pada BlackBerry tidak melulu soal lokasi, tapi bisa juga karena jaringan yang rusak. Apabila Anda mengalami sinyal buruk sendirian, di mana orang-orang disekitar Anda tidak mengalaminya. Anda bisa mencoba menyalakan ulang BlackBerry Anda atau mencabut baterai dan menancapkannya kembali.

Cara lain adalah dengan memancing sinyal, berikut ini cara memancing sinyal BlackBerry. Pertama, buka menu “Manage Connections” dengan menekan ikon sinyal di layar utama atau masuk ke dalam menu dan pilih “Manage Connections“.

capture10_52_45

Selanjutnya hilangkan centang pada “Mobile Network” dan tunggu beberapa saat lalu centang kembali. Sinyal akan kembali naik, namun apabila belum naik Anda bisa melakukan PING server RIM dengan Host Routing Table yang bisa Anda simak pada cara PING server RIM dan Diagnostic Test pada Blackberry. (LH)

Comment di sini