Penghargaan Laskar Pelangi Bukan untuk Kategori Sastra

by
February 15th, 2013 at 1:34 pm

ciricara.com-novel_laskar_pelangiBerlin (CiriCara.com) – Beberapa waktu lalu Andrea Hirata, penulis novel laris “Laskar Pelangi” dikabarkan masuk dalam nominasi sastra terbaik Jerman.

Namun faktanya, penghargaan yang diberikan itu berisifat pariwisata dan tidak bersifat sastra.

Diberitakan oleh Tempo.co, Berthold Damshauser selaku pengajar Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Bonn, Jerman mengatakan bahwa penghargaan BuchAward yang termasuk penghargaan terhadap novel Laskar Pelangi lebih bersifat ke pariwisata daripada sastra.

“Hadiah BuchAward dari ITB itu sama sekali tak ada makna bagi masyarakat sastra di Jerman. Untuk pembaca awam mungkin ada, walau tak terlalu besar,” katanya dalam e-mail seperti dikutip Tempo.co, Jumat, 15 Februari 2013.

Menurut Berthold, BuchAward dari ITB bertujuan untuk merekomendasikan buku yang layak dibaca oleh para turis yang berkunjung ke Indonesia dan mengembangkan minat terhadap pariwasata Indonesia. Dengan membaca novel yang dianjurkan maka banyak turis akan mengetahui bahwa ada banyak destinasi menarik di Indonesia.

“ITB tiap tahun menganugerahkan berbagai hadiah, seperti juga tahun ini, yakni kepada penulis “travel guide” atau yang sejenis. “Laskar Pelangi” dapat hadiah dalam kategori sastra (fiksi),” kata Berthold lagi.

Hal senada juga diungkapkan oleh penulis Laskar Pelangi, Andrea Hirata. Andrea mengatakan bahwa Laskar Pelangi adalah buku pertama Indonesia yang mampu mencapai status International Best Seller dan bukan merupakan satu-satunya novel Indonesia yang meraih penghargaan serupa.

Andrea juga membantah menyebut karyanya sebagai karya sastra Indonesia satu-satunya yang mendunia dalam 100 tahun terakhir ini.

Namun beberapa waktu lalu, Andrea Hirata pernah mengungkapkan bahwa ia memang masuk dalam nominasi peraih BuchAward yang akan digelar pada 8 Maret 2013 nanti.

“Ini nominasiku di Jerman dengan penulis lainnya,” katanya di Daily Coffee Shop Epicentrum Kuningan, Jakarta pada Senin, 11 Februari 2013 kepada sumber yang sama. (RN)

Comment di sini