Rapat KPK Hari Ini Bahas Kasus Anas Urbaningrum

by
February 15th, 2013 at 9:32 am

Jakarta (CiriCara.com)Anas Urbaningrum, Ketua Umum Partai Demokrat yang diduga kuat berkaitan dengan kasus korupsi proyek wisma atlet Hambalang kembali menjadi perhatian.

Metro TV

Metro TV

Untuk penanganan kasus korupsi yang dilakukannya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan akan segera menggelar rapat pimpinan pada hari ini, Jumat, 15 Februari 2013.

Menurut Johan Budi S.P. selaku juru bicara KPK membenarkan bahwa hari ini rapat yang diadakan di Gedung KPK akan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan pengusutan kasus Anas Urbaningrum dan permasalahannya.

Salah satu agenda yang direncanakan adalah investigasi dugaan pembocoran surat perintah penyidikan (sprindik) Anas Urbaningrum.

“Pimpinan akan membahas laporan dari tim investigasi,” ujar Johan Budi S.P, juru bicara KPK, Kamis malam, 14 Februari 2013 seperti dikutip oleh Tempo.co.

Rapat yang digelar hari ini akan dihadiri para petinggi KPK seperti Abraham Samad, Busyro, Muqqodas, Bambang Widjojanto, Zulkarnain, dan Adnan Pandu Praja.

Rapat tersebut akan membahas langkah KPK selanjutnya terhadap Anas Urbaningrum termasuk penggelaran ekspos ulang terhadap Anas dan kasusnya.

Sementara itu koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) mendesak KPK agar lebih fokus terhadap pengusutan kasus Hambalang daripada pengusutan kasus bocornya sprindik Anas. Menurut koordinator MAKI, seharusnya pembahasan dokumen yang bocor tidak menyita energi dan waktu KPK.

Jika KPK lebih fokus ke kasus Anas Urbaningrum daripada kasus bocornya sprindik KPK maka bisa dipastikan bahwa kasus proyek Hambalang dapat segera terungkap.

Sementara itu, Donal Fariz selaku peneliti Indonesia Corruption Watch juga berpendapat bahwa isu pembocoran sprindik malah akan menyeret KPK jauh ke persoalan politik. Oleh karenanya, ia meminta KPK agar menangani kasus Anas segara obyektif dan keluar dari intervensi Istana Negara. (RN)

Comment di sini