CiriCara: 10 Cara Menggunakan Keyboard BlackBerry 10

by
February 18th, 2013 at 9:50 am

blackberry-z10-boldkeysCiriCara.com – BlackBerry tampaknya benar-benar serius dalam membuat keyboard untuk produk terbarunya, BlackBerry Z10. BlackBerry Z10 hadir dengan keyboard yang pintar dengan text prediction tepat, unik, serta tetap mempertahankan ciri khas keyboard BlackBerry.

Jika Anda sudah jatuh cinta pada pandangan pertama dengan keyboard ini, ada beberapa cara menggunakan keyboard layar sentuh BlackBerry 10 yang mungkin akan membuat Anda semakin terpikat.

Dalam pengoperasiannya keyboard ini agak berbeda dengan keyboard layar sentuh pada sistem operasi lainya, berikut ini 10 cara menggunakan keyboard BlackBerry 10:

1. Untuk menampilkan keyboard ini, geserkan dua jari Anda pada layar sentuh ke atas. Sedangkan untuk menyembunyikannya lagi, tekan lama tombol “space bar.”

2. Untuk menghapus satu kata langsung, geserkan jari Anda pada layar dari kanan ke kiri.

3. Tekan lama sebuah tombol untuk memunculkan pilihan huruf, angka, atau tanda khusus.

4. Untuk ketik otomatis menggunakan suara atau biasa disebut “voice input”, tekan dan tahan tombol titik sejenak dan setelah selesai tekan “Done.”

5. Untuk mengaktifkan fitur audio dan visual feedback, geserkan jari Anda turun dari panel atas, tekan “Settings”, lalu “Language and Input”, Dan terakhir “On-Screen Keyboard.” Fitur menebak teks yang akan Anda ketik juga bisa diatur di sini.

6. Bila Anda ingin mengaktifkan fitur text prediction untuk banyak bahasa, geserkan jari Anda turun dari panel atas, tekan “Settings”, lalu “Language and Input”, lalu “Input Languages” dan terakhir “Add/Remove Languages” yang terletak di bagian bawah.

7. Anda juga bisa menambah shortcut pada keyboard persis seperti fitur auto text pada versi BlackBerry lama dengan masuk ke dalam pengaturan “Language and Input” dan pilih “Automated Assistance” lalu pilih “Word Substitution.”

8. Untuk menambah kata yang belum ada dalam kamus sehingga tidak tampak sebagai kata yang salah, tekan kata yang digaris bawah merah, lalu tekan tombol “Add to Dictionary.”

9. Untuk memperbaiki kata salah ejaan, tekan kata yang digaris bawah merah dan pilih kata tersebut pada menu yang muncul.

10. Geser jari Anda ke atas pada keyboard untuk menampilkan satu karakter alternatif seperti tanda seru. Untuk memasukkan banyak karakter Anda bisa menggunakan tombol khususnya.

Ini hanya sebagian cara untuk menggunakan keyboard BlackBerry 10 agar Anda semakin terbiasa dengan keyboard baru ini. Bagaimana menurut  Anda keyboard layar sentuh ini dibanding keyboard fisik? (LH)

Comment di sini