CiriCara: Ciri Orang yang Berpeluang Menderita Katarak

by
February 18th, 2013 at 11:32 am

memeriksa mataCiriCara.com – Memasuki usia lanjut, umumnya katarak mulai menyerang mata. Katarak merupakan sejenis kerusakan pada mata yang menyebabkan lensa mata berselaput dan rabun. Sejumlah faktor bisa menyebabkan Anda kehilangan penglihatan, seperti usia, lingkungan, obat-obatan yang dikonsumsi, atau penyakit yang diderita.

Katarak biasanya berlangsung perlahan-lahan yang menyebabkan kehilangan penglihatan dan berpotensi membutakan jika tidak segera diobati. Kondisi seperti itu biasanya akan mempengaruhi kedua mata, tapi hanya satu mata dahulu yang akan menunjukkan tanda-tandanya.

Lalu, apakah Anda termasuk orang yang berpeluang menderita katarak? Untuk mengetahuinya, alangkah baiknya mendeteksinya sejak dini. Dilansir Boldsky.com, berikut 4 ciri orang yang berpeluang menderita katarak:

1. Pandangannya tidak jelas

Pandangan yang tidak jelas atau kabur ini bisa jadi Anda harus meningkatkan minus kacamata atau terjadi pembentukan katarak di mata. Hal tersebut yang menjadi dua penyebab mengapa pandangan Anda tidak begitu jelas saat melihat objek.

deteksi dini katarak

2. Terkena diabetes

Orang yang memiliki penyakit diabetes, diharuskan untuk melakukan pemeriksaan katarak setiap tiga bulan sekali. Hal ini dikarenakan kadar gula darah bisa mempengaruhi pembentukan katarak di mata. Lakukan pemeriksaan setiap 3 bulan sekali bagi Anda yang terkena diabetes karena untuk memastikan apakah menderita katarak atau tidak.

3. Faktor keturunan

Bagi Anda yang keluarganya memiliki sejarah buruk mengenai mata, sebaiknya berhati-hati. Kabarnya, faktor keturunan memiliki risiko yang besar menderita masalah yang sama pada mata. Untuk itu, konsultasikan pada dokter mengenai riwayat kesehatan keluarga Anda.

4. Faktor usia

Ketahuilah bahwa kelompok usia 60-an tahun ke atas memiliki risiko tinggi menderita katarak. Kebanyakan orang mengembangkan masalah katarak karena faktor usia. Namun, untuk mencegahnya Anda bisa menjaga kesehatan mata sejak dini.

Itulah ciri-ciri Anda mengalami katarak atau tidak. Bagi Anda yang menderita katarak, jangan khawatir karena ada solusi untuk mengobatinya yaitu dengan cara operasi. Walaupun cukup mengeluarkan biaya yang banyak, namun penglihatan Anda akan kembali normal. Sebelum benar-benar mengalami permasalahan penglihatan seperti itu, alangkah baiknya mencegahnya dengan melakukan deteksi dini dan menjaga kesehatan mata. (NR)

Comment di sini