CiriCara: Ciri Terkena Tifus dan Cara Mengatasinya

by
February 18th, 2013 at 2:39 pm

sakit tifusCiriCara.com – Pada saat musim hujan atau cuaca tak menentu, penyakit tifus mulai banyak menyerang tubuh manusia karena bakteri dengan mudah berkembang biak. Seseorang yang terkena tifus seringkali telat terdiagnosis karena gejalanya mirip dengan penyakit lain.

Tifus merupakan penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B, dan C. Kuman tersebut berasal dari makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi dari kotoran orang yang sebelumnya terkena tifus.

Kuman itu masuk melalui saluran pencernaan setelah berkembang biak. Kemudian menembus dinding usus menuju saluran limfa dan masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu 24-72 jam. Dengan begitu, terjadilah pembiakan di sistem retikuloenothelial dan menyebar kembali ke pembuluh darah sehingga menimbulkan berbagai gejala klinis. Gejala-gejala yang ditimbulkan antara lain:

1. Sakit perut, mual, dan muntah

Orang yang menderita tifus biasanya akan mengalami sakit perut di sebelah kiri, di mana ada usus 12 jari yang mengalami infeksi. Sementara maag, rasa sakit terasa di perut bagian atas atau ulu hati.

2. Badan panas

Demam atau badan panas juga ditunjukkan oleh orang yang terkena tifus. Gejala tersebut akan terjadi selama beberapa hari. Suhu tubuh menjadi sangat tinggi yaitu 40 derajat celcius, disertai dengan sakit kepala, lemas, dan lemah. Selain itu, panas badan semakin hari bertambah tinggi, terutama pada sore dan malam hari. Terjadi selama 7- 10 hari, kemudian panasnya jadi berkelanjutan.

3. Perubahan pola BAB

tifus

Seseorang yang terkena tifus akan disertai dengan perubahan buang air besar. Misalnya, bergantian bisa mengalami diare saja atau justru menjadi tidak bisa buang air besar.

4. Lidah berwarna putih

Lidah bagian tengah akan berwarna putih dan pinggir-pinggirnya berwarna merah. Selain itu, saat saat lidah dijulurkan akan terjadi tremor atau lidahnya gemetar.

5. Denyut nadi jadi lambat

Ciri kelima jika seseorang terkena tifus yaitu denyut nadinya akan melambat. Hal tersebut dikarenakan adanya toksin atau racun dari kuman tifus yang menyebabkan reaksi tersebut.

Itulah ciri orang yang terkena tifus. Penyakit tersebut memang tidak begitu parah, tapi cukup mengganggu aktivitas Anda. Bagi orang yang terkena tifus, ada cara untuk mengatasinya. Berikut cara tepat mengatasi tifus:

1. Banyak beristirahat

Agar cepat sembuh, penderita tifus harus banyak beristirahat di tempat tidur. Untuk keperluan buang air misalnya, sebisa mungkin penderita tak beranjak dari tempat tidur. Banyak pergerakan bisa menyebabkan suhu naik. Bahkan, jika terlalu aktif bergerak bisa menimbulkan risiko usus pecah.

2. Makan yang benar

Penderita tifus biasanya diharuskan untuk memakan bubur. Selain itu, pantangan untuk penderita tifus adalah makanan berserat tinggi, seperti sayuran atau buah-buahan. Tapi, jika memakannya sedikit tidak apa-apa. Jangan juga mengonsumsi makanan pedas atau asam karena berisiko menimbulkan kontraksi pada pencernaan. Untuk itu, konsumsilah makanan berprotein tinggi, seperti daging, telur, tempe, dan lain sebagainya. Dengan begitu, nafsu makan akan membaik dan cepat pulih.

3. Mengonsumsi obat yang diberikan dokter

Obat untuk penderita tifus yaitu antibiotika golongan Chloramphenikol, Thiamphenikol, Ciprofloxacin, dan lain sebagainya yang diberikan selama 7-10 hari. Lamanya pemberian antibiotika ini harus cukup sesuai dengan yang dokter berikan. Jangan dihentikan jika gejala demam atau lainnya sudah reda selama 3-4 hari minum obat. Pastikan obat itu diminum sampai habis (7-10 hari).

Penyakit tifus bisa ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar dengan kuman tifus, Salmonella typhosa, kotoran, atau urine dari penderita tifus. Selain itu, bagi orang yang pernah terkena tifus sebaiknya tidak melakukan kegiatan yang sangat melelahkan. Hal tersebut dikarenakan mereka lebih mudah kambuh kembali daripada orang yang sama sekali belum pernah terkena tifus. (NR)

Comment di sini