Cuma Butuh Rp 1,5 Juta Buat Produksi BlackBerry Z10!

by
February 18th, 2013 at 4:33 pm

ciricara.com-blackberry_z10CiriCara.com – Salah satu andalan dari BlackBerry 10 adalah seri Z10. Meski belum secara luas masuk ke seluruh negara namun biaya produksi satu handset BlackBerry Z10 sudah beredar luas di dunia maya.

Diberitakan oleh Detik.com berdasarkan keterangan dari CNN Money dan UBM Tech Insight, biaya komponen-komponen di dalam BlackBerry Z10 ternyata tidak lebih dari Rp. 1,5 juta!

Biaya tersebut dikalkulasikan dari display, prosesor, kamera, storage, baterai, communication chip, RAM, dan material lainnya. Berikut rincian komponen-komponen dalam BlackBerry Z10:

  • Display 4,2 inch: USD 26,50
  • Prosesor Qualcomm dual core 1,5 GHz: USD 23,50
  • Kamera belakang 8MP dan depan 2MP: USD 15
  • Internal storage: USD 9
  • Baterai, communication chip, & RAM: USD 21
  • Casing dan komponen elektronik lainnya: USD 59

Total dari keseluruhan komponen tersebut adalah USD 154 atau Rp. 1,5 juta. 

Namun di Indonesia, harga BlackBerry Z10 akan dijual sekitar Rp. 7 jutaan di bulan Maret 2013 nanti. Kenapa harga yang ditawarkan di Indonesia dan harga perakitan komponen BlackBerry Z10 sangat berbeda jauh?

Ternyata harga jual tersebut sudah diperhitungkan dengan biaya-biaya lain yang dikeluarkan oleh BlackBerry sebelum handset sampai ke tangan pengguna. Biaya tersebut meliputi biaya research and development (R&D), distribusi, marketing, gaji pegawai, dan lainnya.

Biaya komponen BlackBerry Z10 dinilai lebih mahal dibanding dengan pesaingnya iPhone 5 yang membutuhkan USD 139 untuk membuat satu unit handset. Hal ini bisa jadi disebabkan karena BlackBerry Z10 memiliki layar yang lebih besar, resolusi yang lebih tajam, dan baterai yang lebih besar dibanding iPhone 5.  (RN)

Comment di sini