Harlem Shake Saingi Gangnam Style di YouTube

by
February 18th, 2013 at 11:57 am

Harlem Shake dengan latar museum CiriCara.comAsal usul Harlem Shake sebenarnya hanyalah tarian dengan menggerakkan bahu ke depan dan ke belakang yang kemudian menjadi booming kembali setelah salah seorang pengguna YouTube mengunggah video parodi dari tarian Harlem Shake asli yang sempat dikenal sebagai gerakan tari pengiring lagu hip-hop.

Akibat video parodi yang diunggah ke YouTube pada awal bulan Februari 2013 lalu itu, menyebar dengan cepat. Di awal Februari hingga pertengahan minggu saja, tercatat sudah ada 12.000 video yang diunggah ke YouTube, dan disaksikan hingga 44 juta kali.

Dan laporan terakhir menyebutkan bahwa salah satu video parodi Harlem Shake versi kantoran (office), berhasil mencapai 10 juta hits. Untuk video Harlem Shake dengan latar belakang di dalam air buatan Universitas Georgia mencapai 7,8 juta hits.

Bahkan, video Harlem Shake ini juga ada yang dibuat di Museum Natural History di Halifax, Kanada. Di mana para petugas di museum tersebut mengenakan topi di depan patung rusa, dan berjoget bersama-sama.

Menanggapi video Harlem Shake di museum, seorang kurator, Jeff Gray mengatakan bahwa alasan pembuatan video tersebut ialah untuk menunjukkan bahwa museum juga memiliki selera humor dan tidak selalu berkaitan dengan hal-hal yang kuno.

Melihat banyaknya orang yang menonton video Harlem Shake tersebut, ditambah lagi ramainya pemberitaan Harlem Shake di dunia maya, diduga reputasi video Harlem Shake di YouTube ini bisa menggeser posisi video Gangnam Style yang menjadi fenomena di dunia musik internasional pada akhir tahun 2012 lalu dengan lebih dari 1 miliar penonton.

Benarkah Gangnam Style hanya booming sesaat? Bagaimana dengan Harlem Shake?

(yk)

Newsday

Comment di sini