Kasus Bayi Dera, Anggota DPRD Sindir Jokowi

by
February 18th, 2013 at 5:03 pm

Kartu Jakarta SehatJakarta (CiriCara.com) – Meninggalnya bayi yang bernama Dera Nur Anggraini yang ditolak 10 rumah sakit di Jakarta menjadi sorotan banyak pihak. Gubernur DKI Jakarta, Jokowi pun dinilai gagal dalam memperbaiki sistem di rumah sakit, meski sudah ada Kartu Jakarta Sehat (KJS).

“Gubernur jangan kelalang-keliling mulu sama ngomong-ngomong. Mana sistem yang diperbaiki?” ujar Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Igo Ilham, seperti dikutip dari Tempo.co, Senin (18/2/2013).

Menurut Igo, kasus keluarga Dera yang ditolak rumah sakit itu adalah bukti bahwa sistem rumah sakit di Jakarta masih belum baik. Pemerintah seharusnya bisa memberikan sistem yang lebih baik agar setiap warga bisa masuk ke rumah sakit supaya cepat ditangani.

Igo menjelaskan sistem yang harus diterapkan di rumah sakit adalah menerima semua pasien yang sakit tanpa terkecuali. Dengan demikian, masyarakat miskin pun bisa cepat mendapat pengobatan. Nantinya, biaya pengobatan ditanggung Pemprov DKI Jakarta.

“Tinggal di-cover pakai Jaminan Pelayanan Kesehatan atau Warga Miskin, yang dulu diganti judul jadi KJS (Kartu Jakarta Sehat),” ujar Igo.

Igo mendesak agar Gubernur DKI Jakarta Jokowi segera memberikan sistem baru yang tepat mengenai mekanisme penanganan pasien di rumah sakit. “Kalau keliling-keliling doang enggak menghasilkan sistem percuma,” ujarnya.

Sebelumnya, Dera Nur Anggraini meninggal dunia pada Sabtu, 16 Februari 2013. Anak dari pasangan Eliyas dan Lisa ini merupakan anak kembar yang lahir dengan caesar. Hingga kini kembaran Dera masih dirawat di RS Tarakan.

Dera diketahui tidak bisa menelan ASI. Saat mencoba dirujuk ke rumah sakit besar, keluarga Dera justru ditolak oleh sejumlah rumah sakit yang mereka datangi. Alasan penolakan Dera karena ruangan penuh.

Penolakan pihak rumah sakit terhadap keluarga Dera pun mendapat kecaman dari banyak pihak. Bahkan, Komisi PA berencana untuk memberikan sanksi terhadap rumah sakit yang telah menolak Dera.

(YG)

Comment di sini