LAPAN: Asteroid Juga Rawan Jatuh di Indonesia

by
February 18th, 2013 at 8:56 am

Jakarta (CiriCara.com) – Ledakan asteroid yang jatuh menumbuk sebuah kawasan di Rusia pada hari Jumat, 15 Februari 2013 ternyata bisa berpotensi terjadi di Indonesia.

Nature

Nature

Dilansir dari Kompas.com, menurut Thomas Djamaluddin selaku pakar astrofisika dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), potensi kejatuhan asteroid di seluruh bagian dunia adalah sama karena asteroid tidak memiliki frekuensi tertentu.

“Pada dasarnya potensi kejatuhan asteroid di berbagai belahan dunia memiliki probabilitas hampir sama, karena orbit asteroid tidak memiliki frekuensi tertentu,” kata Thomas kepada Kompas.com, hari Minggu, 17 Februari 2013.

Thomas juga menjelaskan bahwa bila lintasan orbit asteroid berpapasan dengan Bumi di suatu lokasi tertentu maka asteroid bisa berpotensi jatuh di lokasi yang sama.

Berdasarkan sejarah, kawasan Indonesia memang rawan menjadi tempat tumbukan asteroid. Buktinya, Indonesia pernah dua kali menjadi lokasi tumbukan asteroid. Dua wilayah Indonesia yang pernah ditumbuk asteroid adalah Maluku dan Sulawesi Selatan.

Kejatuhan asteroid pertama kali di Indonesia terjadi pada tahn 1980-an. Saat itu, asteroid diperkirakan jatuh di perairan Maluku. Sebelum jatuh, asteroid tersebut telah terdeteksi oleh sistem satelit sebelum menghantam bumi.

Kemudian kejatuhan asteroid yang kedua terjadi pada tahun 2008 di lepas Pantai Bone, Sulawesi Selatan. Ukuran asteroid yang jatuh tersebut adalah 10 meter namun dampak yang ditimbulkan tidak separah yang pernah terjadi di Rusia.

Karena sangat rawan dihantam oleh asteroid dan benda antariksa lainnya, Indonesia tentu harus waspada dan awas terhadap kemungkinan yang terjadi. Selain benda luar angkasa, Indonesia juga berpotensi kejatuhan sampah yang berasal dari satelit dan pesawat ulang alik.

Sedangkan dampak dari asteroid yang jatuh di Rusia pada tanggal 15 Februari 2013 lalu menyebabkan sekitar 1.200 orang warga terluka akibat terkena pecahan kaca dan serpihan bangunan yang dilewati asteroid. (RN)

Comment di sini