Pecahan Meteor Rusia Sudah Ditemukan

by
February 18th, 2013 at 3:48 pm

Meteor Jatuh di RusiaMoskwa (CiriCara.com) – Insiden jatuhnya meteor di wilayah pegunungan Ural, Rusia, Jumat (15/2/2013) memang sangat mengejutkan. Meski meledak di udara, para ilmuwan percaya masih ada pecahan meteor yang jatuh sampai ke Bumi.

Para ilmuwan dari Akademi Sains Rusia mengklaim telah menemukan bebatuan tak lazim dari sekitar danau yang diduga jadi tempat mendarat meteor. Dari hasil tes kimia, batu-batu tersebut terdeteksi mengandung kandungan yang sama seperti meteor.

“Kami memastikan bahwa partikel dari substansi yang ditemukan ekspedisi kami di Danau Cherbakul memiliki komposisi sebuah meteorit,” kata Viktor Grokhovsky, anggota yang ikut ekspedisi seperti dilansir RIA Novosti.

Menurut Grokhovsky, batuan yang diduga pecahan meteor itu mengandung chrysolit dan sulfit. Sementara kandungan besinya hanya 10 persen saja. Hingga saat ini anggota Akademi Sains Rusia masih melakukan penelitian lebih lanjut mengenai kandungan dalam batuan tersebut.

Meskipun demikian, Grokhovsky tetap yakin bahwa batuan yang ditemukan oleh timnya itu merupakan pecahan meteor yang jatuh Jumat lalu. “Kami mengonfirmasi bahwa pecahan meteorit ditemukan di wilayah Danau Chebarkul,” ungkapnya.

Batu yang diduga pecahan meteor yang jatuh di Rusia

Batu yang diduga pecahan meteor yang jatuh di Rusia

Sementara itu, Universitas Federal Ural juga mengeluarkan pernyataan telah menemukan pecahan meteor tersebut. Bahkan, sebuah foto batu kecil berwarna hitam pun sudah diunggah ke situs resmi mereka.

“Nampaknya, temuan ini akan dinamakan Meteor Cherbakul,” tulis pihak universitas tersebut.

Sebelumnya, akibat hujan meteor tersebut sebanyak 1.200 orang mengalami luka. Mereka terkena pecahan kaca bangunan yang pecah akibat ledakan meteor. Sedikitnya ada 5.000 bangunan yang rusak akibat hujan meteor itu.

(YG)

Comment di sini