Terungkap, Video Kawah Api Akibat Meteorit Hanya Hoax

by
February 18th, 2013 at 2:17 pm

ciricara.com-kawah_apiCiriCara.comTumbukan meteorit yang terjadi di kawasan Rusia pada hari Jumat, 15 Februari 2013 lalu sempat memunculkan isu bahwa terdapat kawah api raksasa akibat tumbukan di tempat itu.

Beredarnya isu tersebut bisa dilihat dari sebuah video yang beredar di YouTube yang seolah-olah menggambarkan kawah hasil tumbukan meteorit. Video yang diunggah oleh akun VirableTV tersebut sudah dilihat oleh ribuan orang di hari yang sama.

Diberitakan oleh Kompas.com, hari Sabtu, 16 Februari 2013, video tentang kawah api itu sudah resmi dinyatakan hoax.

Faktanya, video kawah berapi tersebut ternyata menggambarkan kawah di wilayah Derweze, Turkmenistan. Kawah yang terdapat di dalam video itu merupakan hasil pengeboran yang dilakukan Uni Soviet sejak tahun 1971 lalu.

Kawah api tersebut berada di lokasi yang kaya akan gas alam karena api masih tetap menyala selama 42 tahun. Karena tidak pernah padam, penduduk lokal menyebut kawah berapi tersebut “The Door to Hell” atau “Pintu ke Neraka”.

Namun menurut Ma’rufin Sudibyo selaku astronom amatir, hantaman meteorit di Rusia memang menciptakan bentukan kawah.

Bila 1 persen massa boloid masih tersisa utuh maka akan ada meteorit berukuran 3 meter yang bisa membentur tanah dengan kecepatan 290 m/detik yang menimbulkan cekungan kawah selebar 20 meter.

“Pada kenyataannya memang terbentuk sedikitnya 3 cekungan kawah seperti itu, dua di Danau Cherbakul dan satunya lagi di dekat Zlatoust, 80 km dari Danau Cherbakul,” kata Ma’rufin tadi.

Dan faktanya, karena jatuh di danau es, cekungan yang terbentuk tidak berisi api seperti yang terdapat di dalam video hoax itu. (RN)

Comment di sini