Wanita Ini Rugi 400 Juta Rupiah Akibat Salah Ketik

by
February 18th, 2013 at 2:44 pm

Salah ketik nomor rekening_wanita ini merugi CiriCara.com – Ketelitian memang sangat diperlukan dalam mengerjakan berbagai hal. Tanpa ketelitian, mungkin saja nasib kamu akan seperti Sally Donaldson (nama samaran).

Kemalangan menimpa Sally ketika dia menyadari bahwa uang gajinya selama ini tidak pernah masuk ke rekening bank milik dia dan suami.

Sally yang bekerja sebagai penata rambut ini memiliki penghasilan sebesar 1.500 dollar AS (sekitar 15 juta rupiah) setiap bulannya, yang ditransfer ke rekening HSBC-nya.

Akan tetapi, dia telah memutuskan untuk memindahkan rekening gajinya dari rekening HSBC itu ke rekening Nationwide, rekening gabungan milik dia dan sang suami.

Selama 2 tahun berlalu, Sally sama sekali tidak menyadari kalau uang gajinya tidak pernah masuk ke rekening Nationwide tersebut.

Hingga pada bulan Oktober 2012, dia melihat uang gajinya tidak ada yang masuk ke rekening gabungan tersebut. Padahal dia yakin sudah memindahkan data rekeningnya dari HSBC ke Nationwide tersebut meski secara online dan tidak ada pernyataan tertulis apa-apa.

Kemudian dia melihat kembali seluruh transaksi yang ada setelah pemindahan rekening tersebut, ternyata uang gajinya terakhir masuk pada Mei 2010.

Saat dia mengecek nama lengkap, kode-kode, dan nomor rekening yang dia masukkan, ternyata kesalahan ada pada nomor rekeningnya.

Bank Nationwide

Nomor rekening yang dimasukkan Sally pada rekening Nationwide-nya itu, kurang satu nomor. Dengan kata lain, uang gaji Sally selama 2 tahun, dengan total 40.000 dollar AS (sekitar 380 juta rupiah), telah masuk ke rekening Nationwide milik orang lain.

Parahnya lagi, si penerima ketahuan selalu mengambil uang gaji Sally dan langsung membelanjakannya setiap bulan.

Dengan bercucuran air mata, Sally mencoba menelepon pihak Nationwide, tapi semuanya sia-sia sebab tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengembalikkan uang yang menjadi haknya Sally.

Si pengguna uang pun menolak untuk mengembalikan uang gaji Sally selama 2 tahun itu, dan pihak bank Nationwide pun tidak mau memberikan data lengkap si penerima uang tersebut karena terkait dengan peraturan kerahasiaan data nasabah.

Sungguh ironis, jerih payah Sally selama 2 tahun bekerja malah dinikmati orang lain. Kasus Sally ini semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita, di mana ketelitian sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan.

Berhati-hatilah dalam urusan perbankan, khususnya yang terkait dengan uang pribadi ataupun kantor, jika tidak ingin mengalami nasib malang seperti Sally.

(yk)

Guardian

Comment di sini