CiriCara: Cara Tepat Pilih Tablet Android China

by
February 19th, 2013 at 9:47 am

El-Mejor-tablet-chinoCiriCara.comTablet berbasis Android kini sudah tidak hanya didominasi oleh pabrikan besar lagi. Kini pabrikan kecil pun turut meramaikan pasar dengan tablet Android harga terjangkau. Namun mengapa harga tablet dari pabrikan kecil bisa jauh lebih murah?

Kualitas produk adalah salah satu hal yang paling penting bila kita membeli produk tablet, percuma saja kan bila kita beli asal murah tapi cepat rusak? Bila Anda tertarik untuk membeli tablet Android jenis ini, ada baiknya sebelum membeli Anda menyimak cara tepat pilih tablet Android China:

1. Display atau layar penampil

Periksa kualitas layar sentuh, karena komponen ini adalah salah satu unsur vital dari sebuah tablet. Pastikan teknologi layar sentuh tablet sudah capacitive dan pastikan layar sentuh capacitive ini responsif. Coba kesensitifan layar sentuh berbagai pilihan tablet agar menemukan yang paling bagus.

2. Ketajaman layar

Semakin tinggi resolusi layar semakin tajam pula gambar yang ditampilkan. Untuk menampilkan tampilan gambar indah, paling tidak resolusi layar tablet 7 inchi harus 1.024 x 768. Resolusi lebih rendah membuat tampilan gambar kurang detail dan kurang nyaman untuk menikmati video atau bermain game.

3. Performa

Standar kekuatan prosesor untuk mengakomodasi aplikasi Android pada tablet 7 inchi adalah 1 GHz, sedangkan untuk RAM minimal 512 MB. Namun bila ingin menggunakan Android versi Ice Cream Sandwich minimal RAM harus 1 GB. Kedua komponen ini sangat berpengaruh pada kinerja tablet, maka pilih tablet dengan tenaga yang memadai atau bahkan lebih.

4. Ketersediaan update

Memang umumnya update firmware tidak tersedia untuk tablet-tablet China. Namun ada beberapa pabrikan yang menyediakan update juga walaupun tidak resmi. Maka, jika memungkinkan pilih tablet keluaran pabrikan yang menjanjikan update firmware di masa mendatang.

5. Koneksi

Koneksi juga amat penting perannya pada perangkat tablet, namun banyak tablet China yang mengurangi kelengkapan koneksi demi harga murah. Koneksi seperti 3G, WiFi, Bluetooth, dan GPS paling tidak harus tersedia. Namun, kembali lagi tergantung kebutuhan, jika hanya digunakan untuk main game dan membaca buku maka koneksi internet via 3G tidak terlalu penting.

6. Purna jual

Harga murah tidak menjadikan alasan kita mengabaikan layanan purna jual tablet. Pastikan tempat servisnya sudah hadir di kota Anda tinggal dan garansi bisa dipertanggung jawabkan. Garansi yang baik adalah meliputi seluruh paket tablet.

Temukan tablet yang paling pas dengan kegunaan dan dana, namun juga jangan mengabaikan kualitas barang itu sendiri agar tidak merugi nantinya. Namun tentunya tiada perangkat yang sempurna, bahkan dari pabrikan yang besar sekalipun, maka pertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing produk. (LH)

Comment di sini