Pecahan Meteor Rusia Bisa Dijual Rp 21 Juta Per Gram

by
February 19th, 2013 at 2:05 pm

Moskwa (CiriCara.com) – Pecahan batu meteor yang jatuh dan meledak di Rusia, Jumat (15/2/2013) lalu menjadi buruan warga setempat. Pasalnya, pecahan meteor tersebut mempunyai nilai jual yang cukup tinggi. Berapa harganya?

Mirror.co.uk

Pecahan meteor yang ditemukan di Danau Chebarkul, Rusia. Foto: Mirror.co.uk

Menurut Dmitry Kachkalin, anggota Russian Society of Amateur Meteorite Lovers, satu gram pecahan meteor bisa dihargai hingga 66 ribu rubel atau sekitar USD 2.200 (Rp 21,1 juta). Harga tersebut empat kali lebih tinggi dibanding harga emas.

Kachkalin mengatakan bahwa harga pecahan meteor itu bisa berubah jadi lebih tinggi tergantung dengan jumlah meteor yang berhasil ditemukan. “Makin sedikit meteorit yang ditemukan, makin tinggi harganya,” ujarnya.

Dugaan sementara pecahan meteor yang jatuh pada Jumat lalu itu mendarat di sebuah danau. Hal ini diperkuat dengan adanya lubang besar di tengah danau tersebut. Para ilmuwan juga sudah menemukan sejumlah batu warna hitam di lokasi tersebut.

“Serpihan yang ditemukan para ahli di sekitar Danau Chebarkul adalah benar-benar meteorit,” ungkap Viktor Grokhovsky, seorang pakar dari Urals Federal University dan Russian Academy of Science.

Menurut Grokhovsky, meteor yang jatuh di Rusia itu merupakan jenis meteor chondrite atau meteor batu. Dari hasil penelitian, batu meteor tersebut mengandung kadar besi sebesar 10 persen. Tim ekspedisi Rusia baru menemukan 53 butiran kecil serpihan meteor tersebut.

Hingga saat ini serpihan meteor terbesar masih belum ditemukan. Kuat dugaan, serpihan meteor itu jatuh ke dasar danau. Pasalnya, lubang yang diakibatkan meteor itu memiliki diameter berukuran 6 – 8 meter.

(YG)

Comment di sini