Politikus Rusia: Meteor yang jatuh itu senjata Amerika

by
February 19th, 2013 at 2:46 pm

Meteor Rusia CiriCara.com – Jumat (15/2/13) lalu, wilayah sekitar pegunungan Ural, Rusia dihantam oleh bongkahan meteor yang menembus atmosfer Bumi.

Peristiwa alam yang jarang terjadi itu mengakibatkan 1.200 penduduk lokal menderita luka-luka parah akibat pecahan kaca dari 4.000 bangunan yang hancur.

Itulah dampak buruk yang diakibatkan dari meteor yang masuk ke atmosfer Bumi dengan kecepatan 53.000 km/jam yang jatuh di wilayah Rusia itu.

Sempat diberitakan bahwa pecahan batu meteor sudah ditemukan dan bisa dijual dengan harga puluhan juta rupiah tiap gram-nya. Benarkah meteor jatuh di wilayah Rusia saat itu?

Meski para ilmuwan sudah memastikan kandungan dalam batu tersebut merujuk pada kandungan yang umumnya ada pada meteor, pendapat lain dari politikus Rusia pun mencuat ke permukaan.

Dilansir dari Dailymail.co.uk, pemimpin Partai Liberal Demokratik Rusia, Vladimir Zhirinovsky mengatakan bahwa yang menabrak langit Rusia pada saat itu bukanlah meteor melainkan senjata baru Amerika Serikat yang sedang diuji coba.

Getty Images

Getty Images

Vladimir Zhirinovsky memperkuat pendapat yang terkesan kontroversial itu dengan pernyataan bahwa menteri luar negeri AS yang baru, John Kerry telah beberapa kali mencoba menghubungi menteri luar negeri Rusia, Sergey Lavrov untuk memberitahukan bahwa akan ada semacam provokasi, dan akan mempengaruhi Rusia. Akan tetapi, saat itu Lavrov sedang dalam perjalanan urusan kenegaraan.

Apa yang telah diungkapkan oleh Vladimir Zhirinovsky bisa menjadi pemecah hubungan diplomatik Rusia dan Amerika Serikat, mengingat kedua negara besar ini sempat bergelut selama berpuluh-puluh tahun pada Perang Dingin.

Vladimir Zhirinovsky sendiri pernah terlibat dalam beberapa kasus yang membuatnya mendapat julukan sebagai politikus Rusia yang kontroversial.

Kasus kontroversi yang pernah dibuatnya ialah pada tahun 2006, dia mengusulkan untuk mempersenjatai seluruh warga Rusia dan memerintahkannya untuk menembak burung-burung yang bermigrasi guna memerangi virus flu burung.

Selain itu, dia juga pernah terlibat perselisihan dengan aktivis pembela hak binatang atas penggunaan keledai untuk menarik kereta salju yang diliput dalam video pemilu berdurasi 30 detik.

Dia juga pernah terlibat dalam adu jotos di parlemen Rusia. Dan pernah dilempari kubis asam oleh salah seorang wanita yang menuduhnya “Ukrainophobia” (anti terhadap orang Ukraina) dalam acara konferensi pers.

Dengan melihat reputasi Zhirinovsky sebagai sosok politikus yang selalu menimbulkan kontroversi, tentu pernyataannya terhadap peristiwa meteor Rusia itu patut diberikan tanda tanya besar.

(yk)

Daily Mail

Comment di sini