Ternyata Gula Pasir Bisa Menyembuhkan Luka

by
February 19th, 2013 at 5:06 pm

gula pasirCiriCara.com – Terlalu banyak mengonsumsi gula dikabarkan tidak baik untuk kesehatan. Orang yang terlalu banyak makan yang manis-manis bisa terkena diabetes dan membuat wajah jadi terlihat lebih tua.

Dilansir dari Dailymail.co.uk, Dr David Gunn, seorang ilmuwan mengatakan bahwa ada semakin tinggi glukosa dalam darah maka semakin terlihat tua wajah orang tersebut. Gula bisa membuat kulit kehilangan kekenyalan dan kualitas elastisnya yang merupakan dasar seseorang bisa terlihat lebih muda.

Namun, gula yang bisa Anda pakai untuk mempercepat proses penyembuhan luka bukan untuk dikonsumsi, melainkan diletakkan pada luka saja. Sebuah studi menemukan bahwa menaburkan butiran-butiran gula pada luka bisa mmebantu proses pemnyembuhan lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan antibiotik.

Kabarnya, zaman dahulu orang Afrika memang menggunakan gula untuk mempercepat proses penyembuhan lukanya. Namun, pengobatan tradisional tersebut diteliti lagi oleh mahasiswa Wolverhampton University yang dipimpin oleh Moses Murandu, dosen senior di Wolverhampton University.

Murandu sendiri lahir di Zimbabwe dan saat dirinya kecil ayahnya menggunakan gula untuk menyembuhkan luka dan mengurangi rasa sakit. Ketika Murandu pindah ke Inggris, ia mulai menyadari ada sesuatu yang bisa ditawarkan dari pengobatan itu. Karena itulah dirinya mulai melakukan penelitian.

Salah satu pasien yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah Alan Bayliss dari Birmingham. Pasien ini dirawat di Moseley Hall Hospital untuk menjalani rehabilitasi setelah amputasi. Bayliss menjalani amputasi untuk kaki kanannya hingga bagian lutut akibat adanya luka.

Operasi yang dilakukan si Queen Elizabeth Hospital, Birmingham pada Januari 2013. Bagian dari operasi tersebut, pembuluh vena Bayliss dipindahkan dari kaki kirinya. Namun pascaoperasi, luka di kaki kirinya tidak sembuh secara efektif.

Kemudian, seorang perawat akhirnya menghubungi Murandu dan diberilah perawatan dengan gula. Dalam waktu 2 minggu, ternyata ukuran lukanya sudah berkurang secara drastis. Selain Bayliss, ada 35 pasien yang menerima pengobatan tersebut. Hasilnya kondisi mereka membaik dan tidak ada efek samping yang dilaporkan.

Bagi Anda yang memiliki luka di tangan, kaki, atau wajah, apakah mau menggunakan cara tradisional tersebut?

(NR)

Comment di sini