4 Kejanggalan Kasus Raffi Ahmad Menurut Pengacara

by
February 20th, 2013 at 9:22 am

Jakarta (CiriCara.com) – Banyak yang menilai bahwa kasus Raffi Ahmad dan penemuan narkoba di rumahnya masih terkesan janggal. Kejanggalan serupa juga dirasakan oleh kuasa hukum Raffi Ahmad, Hotma Sitompul.

Kapanlagi

Kapanlagi

“Ada yang janggal. Itu sebabnya mati-matian kami bilang bukan pecandu dan tidak menggunakan,” kata Hotma dalam jumpa pers di kantornya, Selasa, 19 Februari 2013 seperti dikutip Tribunnews.com.

Kejanggalan pertama yang diungkapkan Hotma adalah bahwa zat metilon yang ditemukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam tubuh Raffi belum diatur oleh Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Penetapan metilon sebagai narkoba turunan dinilai sangat janggal dan mengada-ada.

Kejanggalan kedua adalah pemindahan Raffi Ahmad ke pusat rehabilitasi di kawasan Lido, Bogor, Jawa Barat. Upaya pemindahan ini sempat ditolak oleh Raffi Ahmad karena fakta memang membuktikan bahwa Raffi Ahmad bukan seorang pecandu narkoba. Bahkan sebelum dipindah, Raffi Ahmad tidak diberitahu mengenai pemindahan dirinya ke pusat rehabilitasi.

Sedangkan kejanggalan ketiga adalah pengumbaran identitas Raffi Ahmad secara langsung oleh juru bicara BNN. BNN menyebut nama Raffi Ahmad secara lengkap, berbeda dengan beberapa orang pengguna lainnya yang hanya disebut inisialnya saja

Kejanggalan terakhir adalah proses penemuan ganja di rumah Raffi Ahmad. Menurutnya, petugas BNN harusnya diperiksa lebih dulu saat mengamankan barang bukti dari lokasi penggerebekan.

“Telapak tangan siapa yang ada di ganja itu? Masa ambil barang bukti dengan tangan kosong? Kalau menemukan barang bukti, harusnya dipanggil ahli, kenapa dipegang langsung,”  kata Hotma lagi.

Hingga saat ini, kasus Raffi Ahmad ini masih akan terus ditangani oleh pihak-pihak terkait. Rencananya, Raffi Ahmad memang akan segera dipindah ke pusat rehabilitasi di Lido, Bogor, Jawa Barat. Meski dipindah, status Raffi Ahmad masih tetap sebagai tersangka.

Raffi Ahmad ditahan di kantor BNN sejak Minggu, 27 Januari 2013 dari rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Raffi Ahmad ditahan bersama keenambelas orang lainnya termasuk selebritis Wanda Hamidah, Irwansyah, dan Zaskia Sungkar.

Para selebritis tersebut dilepaskan karena tidak terbukti menggunakan narkoba. Sedangkan Raffi Ahmad ditetapkan menjadi tersangka pada 1 Februari 2013 lalu karena terbukti mengkonsumi metilon. (RN)

Comment di sini