6 Makanan Pemicu Tumbuhnya Jerawat

by
February 20th, 2013 at 10:44 am

makanan pemicu jerawatCiriCara.comJerawat yang tumbuh di wajah bisa disebabkan karena pengaruh hormon atau malas membersihkan wajah. Namun, ternyata ada hal lain yang bisa menimbulkan jerawat di wajah yaitu makanan. Jika makanan pemicu jerawat merupakan makanan kesukaan Anda, maka mulailah mengontrol asupannya.

Walaupun Anda rajin membersihkan muka tapi tidak mengontrol asupan yang dimakan, jerawat bisa segera tumbuh di wajah. Lalu, apa saja makanan yang bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat? Dilansir dari beberapa sumber, berikut 6 makanan pemicu tumbuhnya jerawat:

1. Makanan yang tinggi karbohidrat

Jika Anda mengonsumsi makanan karbohidrat berlebihan dari yang tubuh butuhkan, maka masalah kesehatan, seperti diabetes dan jerawat bisa datang menghampiri. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi boleh-boleh saja, asalkan tidak berlebihan. Makanan yang tinggi karbohidrat itu, seperti beras putih, pasta, dan roti putih.

2. Makanan yang digoreng

Terlalu banyak makan makanan yang digoreng juga bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat. Jika mengonsumsi lemak tidak sehat secara teratur, maka tubuh akan dipaksa untuk menggunakannya sehingga membentuk sel kulit baru. Akhirnya, jerawat dan penyakit kulit lainnya bisa terwujud. Berbagai jenis makanan yang sering menyebabkan jerawat, antara lain donat, kentang goreng, ayam goreng, mozarella sticks, dan jenis makanan yang digoreng lainnya.

makan cokelat

3. Makanan yang mengandung manis

Tahukah Anda bahwa gula bisa menjadi racun bagi tubuh? Sebagian besar orang mungkin tak menyadari bahwa terlalu sering mengonsumsi makanan yang manis-manis bisa menyebabkan jerawat. Gula bisa mengganggu penyerapan kalsium dan magnesium yang merupakan mineral penting untuk kulit yang optimal. Makanan tinggi gula yang menyebabkan jerawat, seperti permen, minuman bersoda, es krim, cokelat, dan biskuit manis.

4. Produk olahan susu

Studi yang dilakukan oleh mahasiswa Harvard University menemukan bahwa remaja yang sering meminum susu cenderung memiliki jerawat lebih banyak dibandingkan mereka yang mengonsumsi susu lebih sedikit. Gula dalam susu meningkatkan kadar insulin yang sama efeknya dengan makanan karbohidrat. Produk olahan susu yang menyebabkan jerawat yaitu keju dan yoghurt.

5. Omega-6 asam lemak

Kelebihan mengonsumsi omega-6 asam lemak bisa menyebabkan peningkatan kemerahan dan peradangan. Hormon pro-inflamasi ini bermanfaat karena membantu untuk melindungi tubuh Anda dari bakteri dan virus. Namun, terlalu banyak hormon ini bisa mengiritasi jerawat. Makanan omega-6 asam lemak yang menyebabkan jerawat, seperti ham, cheeseburger, daging babi dan olahannya, dan bacon.

6. Kafein

Jika Anda penggemar kopi, maka harus mulai mengontrol untuk mengonsumsi minuman tersebut. Selain ada pada kopi, kafein juga terdapat pada cokelat, teh hitam dan hijau, soda, minuman berenergi, dan obat-obatan penghilang rasa nyeri. Kafein bisa menganggu pola tidur Anda sehingga memperburuk jerawat.

Itulah 6 makanan yang menyebabkan tumbuhnya jerawat. Semua makanan itu boleh saja Anda konsumsi, namun jangan berlebihan. Anda hanya perlu mengurangi berbagai jenis makanan tersebut demi kesehatan tubuh dan kecantikan wajah. Selain itu, rajin-rajinlah juga untuk meminum air putih, berolahraga, dan mengonsumsi makanan yang sehat agar jerawat tidak tumbuh di wajah. (NR)

Comment di sini