CiriCara: Cara Agar Stres di Kantor Tak Dibawa ke Rumah

by
February 20th, 2013 at 4:52 pm

stres di kantorCiriCara.com – Saat ini, menjadi wanita karier tapi sudah berkeluarga bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. Terkadang karena stres dengan urusan kantor, namun stres yang dirasa akan terbawa hingga tiba di rumah sehingga menimbulkan pertengkaran dengan suami.

Bukan hanya pada suami saja, terkadang stres itu juga dilampiaskan kepada si anak. Namun, jangan biarkan hal itu terjadi karena bisa merusak kehidupan rumah tangga Anda. Jika sudah mendengarkan musik saat perjalanan pulang namun masih tetap merasa stres di rumah, maka Anda harus melakukan cara ampuh lainnya.

Lalu, bagaimana cara agar stres di kantor tidak dibawa ke rumah? Dilansir Cbsnews.com, berikut cara agar stres di kantor tidak dibawa ke rumah:

1. Segera mengganti pakaian

Setibanya di rumah, Anda disarankan untuk segera mengganti pakaian yang dikenakan. Joan Borysenko, PhD, penulis “Friend: Why You Burnt Out and How to Revive” mengatakan bahwa tindakan ini bisa mengirimkan getaran menenangkan ke otak serta pikiran bawah sadar Anda. Jika keadaan memungkinan, maka gantilah baju saat di kantor ketika hendak pulang ke rumah. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih segar dan tenang ketika sampai di rumah.

meregangkan badan

2. Tetap tersenyum walau terpaksa

Konon, orang yang terpaksa tersenyum pada akhirnya akan melakukannya dengan tulus. Elizabeth Lombardo, PhD, penulis “A Happy You: Your Ultimate Prescription for Happiness” mengatakan bahwa kita tersenyum karena kita merasa bahagia. Sebaliknya, kita akan merasa bahagia setelah kita tersenyum. Saat tersenyum, otak kita berpikir, “Oh, saya sedang tersenyum, berarti saya sedang merasa bahagia.” Dengan begitu, suasana hati akan terasa ikut senang.

3. Meregangkan tubuh

Dengan melakukan yoga, seseorang pasti akan terlihat lebih bahagia. Mengapa? Rahasianya terletak pada olah tubuh yang dilakukan pada saat yoga. Namun, Anda tak perlu bergabung dalam kelas yoga agar bisa bahagia. Ginny Whitelaw, penulis “The Zen Leader: 10 Ways To Go From Barely Managing to Leading Fearlessly” mengatakan bahwa Anda cukup melakukan peregangan saja dengan latihan pernapasan sebelum pulang. Misalnya, meregangkan area leher, bahu, atau rahang. Sesampainya di rumah, Anda akan merasa lebih rileks dan stres pun tak di bawa sampai rumah.

4. Mengganti wewangian ruangan

Menggunakan aromaterapi di spa bisa membantu memperbaiki suasana hati. Untuk itu, coba terapkan hal tersebut di rumah atau di mobil. Misalnya, menggunakan aromaterapi yang beraroma menenangkan, seperti lavender atau vanila. Cara ini bisa membantu memberikan sinyal otak bahwa Anda telah memasuki lingkungan yang berbeda. Selain itu, Anda juga jadi mengetahui bahwa sudah berada di rumah dan tekanan stres pada pekerjaan pun akan hilang.

Itulah cara agar stres di kantor tak dibawa ke rumah. Sebagai seorang ibu rumah tangga yang baik, Anda perlu menerapkan hal tersebut. Tujuannya adalah untuk menghindari emosi pada anak dan suami. Jika pertengkaran terjadi akibat stres di kantor, maka kehidupan keluarga Anda tak menjadi harmonis. (NR)

Comment di sini