CiriCara: Cara Sehat Saat Hamil

by
February 20th, 2013 at 9:34 am

CiriCara.com – Wanita hamil harus memenuhi gizinya untuk dua orang, dirinya dan si calon bayi. Namun, makan untuk dua orang bisa menjadi sebuah tanggung jawab yang cukup berat. Bagaimanapun juga, si ibu harus tetap menjalaninya demi kesehatan dirinya dan si calon bayi.

Net

Net

Makanan yang baik untuk wanita hamil dan si calon bayi adalah makanan yang memiliki banyak nutrisi. Dilansir Healthmeup.com, Dr Shilpa Mittai, ahli nutrisi dan konsultan diet mengatakan bahwa wanita hamil membutuhkan 300 Kcal ekstra kalori, ekstra protein 15 gram, 600 miligram ekstra kalsium, dan 8 miligram ekstra zat besi.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi tersebut, Anda disarankan agar selalu mengonsumsi makanan yang sehat pada saat hamil. Apa saja makanan sehat yang perlu dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi saat hamil? Dilansir sumber yang sama, berikut cara sehat saat hamil:

1. Makan lebih sering

Biasanya, wanita hamil akan merasa mual dan malas untuk makan. Namun, jangan biarkan hal tersebut melanda diri Anda karena si calon bayi bisa kelaparan. Anda disarankan untuk tetap makan dalam porsi yang lebih kecil, tapi sering. Dengan begitu, kondisi Anda dan si calon bayi akan selalu sehat.

2. Mengonsumsi nutrisi yang berkualitas

Wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki banyak  nutrisi. Misalnya, protein, kalsium, riboflavin, dan tambahkan makanan lainnya, seperti susu, kecambah, dan berbagai jenis buah-buahan.

3. Mengonsumsi tiga mangkuk salad

cara sehat saat hamil

Agar Anda dan si calon bayi tetap sehat, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi 3 mangkuk salad setiap harinya. Terutama berbagai jenis sayuran yang berwarna hijau, seperti brokoli. Konsumsilah berbagai jenis sayuran hijau yang kaya akan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting.

4.  Mengonsumsi makanan yang mengandung protein

Jika Anda bukan vegetarian, maka konsumsilah makanan yang mengandung protein, seperti telur dan ikan salmon. Selain sebagai sumber protein, telur juga kaya akan kolin yang secara keseluruhan mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, sambil membantu mencegah cacat tabung saraf. Begitu juga ikan salmon yang merupakan sumber omega-3 lemak. Kandungan gizi yang dimiliki sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsinya, setidaknya dengan batas 12 ons per minggu.

5. Buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan yang berwarna hijau, merah, oranye, dan kuning memastikan Anda dan si calon bayi mendapatkan berbagai nutrisi. Setiap kelompok warna yang berbeda memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan. Buah-buahan itu, seperti pisang, jeruk atau lemon, dan satu buah musiman. Adapun jenis buah yang tak boleh dikonsumsi saat hamil, seperti durian, anggur, pepaya, dan nanas.

6. Mengonsumsi gandum dan kacang-kacangan

Bagi para wanita hamil sebaiknya mengonsumsi gandum karena lebih sehat dan rendah lemak. Selain mengandung karbohidrat kompleks, oat atau gandum juga memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Selain itu, kacang-kacangan, seperti kacang merah juga baik untuk perkembangan janin karena mengandung banyak serat dan juga zat besi.

Itulah cara sehat saat hamil. Bagaimanapun juga, wanita hamil harus memenuhi nutrisi agar dirinya dan si calon bayi tetap sehat. Selain mengonsumsi makanan sehat tersebut, Anda juga disarankan untuk berolahraga ringan khusus wanita hamil agar proses melahirkan nantinya bisa lancar. (NR)

Comment di sini