CiriCara: Cara Tepat Mengatasi Kesepian

by
February 20th, 2013 at 1:47 pm

mengatasi kesepianCiriCara.com – Merasa sepi saat menjalani hidup mungkin dialami oleh beberapa orang. Kesepian yang dirasa itu biasanya karena disebabkan oleh berakhirnya hubungan percintaan yang sudah lama dijalani sehingga membuat dirinya menjadi jomblo. Menjadi jomblo terkadang memang membuat hati galau. Ingin mencari penggantinya tapi masih terus memikirkannya.

Namun, hal itu harus kamu atasi. Kesalahan yang lalu biarlah dijadikan pelajaran saja. Saat ini yang harus kamu lakukan adalah terus bersemangat dan tetap menjalani aktivitas seperti biasanya. Walaupun merasa kesepian karena menjadi jomblo, namun kamu harus tetap aktif.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi kesepian? Dilansir dari Shine.Yahoo.com, berikut cara tepat mengatasi kesepian:

1. Mencari kesibukan

Salah satu cara yang tepat untuk mengusir kesendirian adalah menyibukkan diri. Kamu bisa mencari kesibukan yang bisa menyenangkan diri sendiri, seperti bermain dengan binatang peliharaan, mengasuh keponakan, dan hal-hal lain yang membuat kamu senang. Bagi kamu yang gemar menulis, tak ada salahnya untuk menceritakan keluh kesah di blog yang dimiliki.

bersenang-senang dengan sahabat

2. Bergabung dengan komunitas

Bergabung dengan komunitas tertentu membuat kamu jadi tak merasa sendiri lagi. Untuk itu, coba mencari tahu komunitas apa yang bisa kamu ikuti. Ada banyak macam komunitas, seperti komunitas fotografi, motor, sepeda, dan komunitas lainnya. Dari situ, kamu bisa menemukan banyak teman baru dan menambah wawasan.

3. Aktif dalam kegiatan agar mudah tertidur

Salah satu indikator paling umum dari rasa kesepian adalah gangguan dalam tidur. Kurang tidur dengan sebab apapun bisa menurunkan mood, membuat kamu jatuh sakit, dan menghabiskan energi. Untuk itu, saat sedang merasa kesepian, kamu disarankan agar lebih sering melakukan kegiatan agar bisa tertidur pulas pada malam harinya.

4. Kenali penyebabnya

Kesepian saat jadi jomblo, terkadang membuat diri sendiri merasa bosan untuk melakukan berbagai kegiatan. Namun, kesedihan dan kesepian itu harus segera kamu atasi. Coba pikirkan hal apa yang membuat kamu merasa kesepian. Dengan begitu, kamu akan mengetahui solusi yang terbaik agar bisa mengubah hidup jadi lebih menyenangkan.

5. Sering berinteraksi dengan orang lain

Emosi yang negatif, seperti kesepian, iri hati, dan rasa bersalah bisa menyulitkan kamu untuk meraih kebahagiaan. Kesepian yang dirasa, mendesak kamu untuk segera berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain. Untuk itu, kamu harus bisa mengatasi kesepian itu dengan cara sering berinteraksi kepada orang lain, termasuk orang-orang baru.

Itulah cara tepat mengatasi kesepian. Kesepian karena tidak ada seseorang di samping kamu itu memang cukup membuat galau. Untuk mengatasi rasa itu, kamu harus tetap menjalani aktivitas seperti biasa dan tetap bersemangat. Yakinlah bahwa kesepian yang dirasa itu akan bisa dilewati dan pada akhirnya kamu akan bisa menemukan pendamping hidup yang diidam-idamkan. (NR)

Comment di sini