CiriCara: Ciri-ciri Penyakit Radang Selaput Otak

by
February 20th, 2013 at 3:58 pm

ciri radang selaput otakCiriCara.com – Sakit kepala yang tak kunjung sembuh patut Anda waspadai. Apakah Anda mengalami hal seperti itu? Jika iya, maka berhati-hatilah. Bisa jadi sakit kepala yang terlalu sering itu merupakan penyebab Anda mengalami radang selaput otak.

Radang selaput otak atau meningitis merupakan sebuah penyakit yang cukup berbahaya. Penyakit ini menyerang bagian saraf atau otak yang merupakan sebagai pusat pemikiran manusia. Jika otak sudah terserang, maka akan cukup membahayakan penderitanya. Meningitis disebabkan oleh mikroorganisme, seperti virus, bakteri, jamur, atau pasilan yang menyebar dalam darah ke cairan otak.

Bakteri atau kuman masuk dari gigi yang membusuk atau dari makanan dan seseorang yang daya tahan tubuhnya kurang sehingga menyerang otak dan menyebabkan infeksi. Infeksi ini menyebabkan radang atau pembengkakan otak.

Salah satu penyakit yang membahayakan penderitanya ini ternyata dialami oleh penyanyi Ibukota, Ashanty. Istri dari Anang Hermansyah ini baru diketahui menderita radang selaput otak pada 18 Februari 2013. Pada awalnya Ashanty mengalami sakit kepala yang tak kunjung sembuh meskipun sudah meminum obat. Dia pun dirujuk ke internis dan terdiagnosis mengalami radang selaput otak.

Sakit kepala, bukanlah penyebab utama seseorang menderita radang selaput otak. Ada ciri-ciri lain yang ditunjukkan oleh seseorang yang menderita radang selaput otak. Apa saja? Berikut ciri-ciri penyakit radang selaput otak:

Meningitis

1. Sakit kepala

Sakit kepala terjadi berulang-ulang, terutama terasa sakit di bagian dahi. Jika diberi parasetamol, maka tak memiliki pengaruh apapun. Begitu juga yang dialami oleh Ashanty. Dirinya sudah meminum berbagai obat penghilang sakit kepala, namun rasa sakit yang dirasa tak kunjung berkurang.

2. Demam tinggi

Selain sakit kepala, ciri lain yang ditunjukkan yaitu demam tinggi hingga mencapai 39 derajat Celcius. Demam yang tinggi juga disertai dengan leher yang menjadi kaku.

3. Mual dan muntah

Akibat sakit kepala yang dirasa, penderitanya juga akan mengalami mual dan muntah sehingga membuat dirinya merasa lemas.

4. Tingkat kesadaran menurun

Tingkat kesadaran si penderita akan menurun dan dirinya sering terlihat kebingungan. Kebingungan yang dialaminya itu bisa terjadi tanpa sebab.

5. Indra penglihatan dan pendengaran terganggu

Penglihatan suka kabur dan tidak tahan melihat cahaya yang terlalu terang atau photophobia, serta tidak tahan mendengar suara keras atau phonophobia.

6. Kejang-kejang

Beberapa penderita meningitis ada yang mengalami kejang-kejang dan ada juga yang tidak.

Itulah ciri-ciri penyakit radang selaput otak atau meningitis. Penyakit yang cukup membahayakan penderitanya terkadang pada awalnya sulit diketahui karena tidak mempunyai gejala spesifik sehingga sangat sulit untuk mendeteksinya. Jika tidak ditangani segera tepat dan cepat, maka bisa berakibat fatal. Selain itu, jika si penderita sembuh pun, maka akan menyebabkan cacat pada dirinya, seperti gangguan pendengaran, gangguan mental, dan lain sebagainya. (NR)

Comment di sini