Ulat Bulu Serang Denpasar

by
February 20th, 2013 at 10:51 am

Wabah Ulat BuluDenpasar (CiriCara.com) – Wabah ulat bulu melanda sejumlah wilayah di Kota Denpasar, Bali. Ulat bulu yang sebelumnya hanya menyerang di satu titik kini mulai menyebar ke lokasi lain. Bahkan, sudah ada warga yang terserang gatal-gatal karena ulat bulu.

Menurut Dinas Pertanian Kota Denpasar, ulat bulu sudah menyerang di sejumlah titik, yakni di Jalan Daha, Jalan Wibisana, Jalan Ratna, dan Jalan Seruni. Ratusan ulat bulu itu berkumpul di sejumlah pohon yang ada di jalan-jalan tersebut.

Diduga ratusan ulat bulu tersebut muncul di sekitar pemukiman warga karena dipengaruhi kondisi cuaca yang tidak menentu. Ulat bulu bertambah banyak karena memang tengah memasuki musimnya.

“Ini memang sedang musimnya (ulat bulu),” ujar I Gede Ambara Putra, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Denpasar, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Rabu (20/2/2013).

Sebagai tindakan pencegahan, Dinas Pertanian akan melakukan upaya penyemprotan disinfektan agar wabah ulat bulu tidak menyebar. Warga juga diminta untuk ikut serta dalam pemberantasan ulat bulu tersebut.

Warga setempat bisa membakar sampah di bawah pohon yang dipenuhi ulat bulu. Pembakaran sampah disarankan dilakukan sebelum jam 10 pagi agar ulat bulu yang akan turun dari pohon bisa mati karena kepanasan.

Agar tidak terserang gatal-gatal, warga diminta untuk menjauhi pohon yang menjadi sarang ulat bulu. Biasanya, ulat bulu lebih suka tinggal di pohon yang ditumbuhi dengan benalu. Warga harus waspada agar tidak terkena gatal-gatal akibat ulat bulu.

Sebelumnya, serangan ulat bulu tersebut mengakibatkan sejumlah warga mengalami gatal-gatal. Menurut berita dari Tribunnews.com, korban dari ulat bulu itu mengalami gatal-gatal hingga seluruh badan.

(YG)

Comment di sini