6 Khasiat dari Buah Semangka untuk Kecantikan

by
February 21st, 2013 at 10:29 am

khasiat buah semangka untuk kecantikanCiriCara.com – Buah semangka merupakan salah satu buah yang sangat populer di di Filipina khusunya selama musim panas karena banyak mengandung air sebagai pelepas dahaga. Bukan hanya di Filipina saja, buah yang ukurannya cukup besar ini juga banyak disukai oleh warga Indonesia.

Buah yang berbentuk bulat, lonjong, atau bahkan ada yang persegi ini memiliki khasiat untuk kesehatan. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya membantu mencegah kanker usus, asma, diabetes, dan arthritis. Selain iitu, kandungan vitamin C, A, lycopene, dan karotenoid yang dimilikinya juga berfungsi untuk membantu melindungi sel-sel dan pencegahan penyakit jantung.

Buah yang memiliki daging berwarna merah atau kuning ini juga berkhasiat untuk kecantikan. Dengan dijadikan sebagai masker atau mengonsumsinya langsung, wajah Anda akan terlihat awet muda. Bukan hanya itu saja, ada manfaat lain yang bisa Anda dapat dari buah semangka. Apa saja? Dilansir Boldsky.com, inilah 6 khasiat dari buah semangka untuk kecantikan:

1. Melembapkan kulit

Semangka merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup banyak sehingga membuat tubuh dan kulit terhidrasi. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, bisa melembapkan kulit dengan buah segar yang satu ini. Caranya, Anda bisa mencampurkannya dengan madu, lalu rajin-rajinlah mengonsumsinya.

2. Mencegah penuaan dini

semangka

Semangka merupakan sumber makanan yang kaya akan likopen, vitamin C, dan A. Nutrisi yang ada di dalamnya itu bisa mengurangi paparan radikal bebas yang menyebabkan garis-garis halus, keriput, dan bintik hitam pada kulit. Untuk mencegah penuaan dini, Anda bisa menggunakan semangka sebagai masker atau langsung mengonsumsinya.

3. Mengatasi jerawat

Untuk mengatasi jerawat di wajah, Anda bisa menggunakannya sebagai masker. Saat wajah sudah dimasker dengan buah semangka, pijat beberapa saat agar kandungannya menyerap ke kulit. Bagi Anda yang rentan terhadap jerawat atau memiliki permasalah pada kulit wajah, sering-seringlah memakai masker semangka ini.

4. Merevitalisasi kulit

Merevitalisasi kulit merupakan salah satu manfaat terbaik dari semangka. Masker semangka bisa meremajakan dan merevitalisasi kulit wajah Anda yang nampak kusam. Dengan rajin menggunakannya, wajah Anda akan terlihat cantik berseri.

5. Mengatasi wajah berminyak

Buah segar yang satu ini banyak mengandung vitamin A yang bisa mengurangi pori-pori kulit dan meminimalkan sekresi minyak berlebih.

6. Menyegarkan wajah

Buah yang memiliki biji ini memiliki zat alami yang bisa mengubah penampilan kulit. Anda bisa memijat kulit dengan irisan semangka segar atau mencampurkannya dengan madu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jus semagka dan mengoleskannya pada leher dan wajah.

Itulah 6 khasiat dari buah semangka untuk kecantikan. Jika ingin dijadikan sebagai pembersih wajah, maka buah semangka harus dijus terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan sepotong kapas dan oleskan pada wajah setelah membersihkannya terlebih dahulu. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Dengan begitu, wajah Anda akan terlihat cantik alami. Bagaimana, Anda mau mencobanya di rumah? (NR)

Comment di sini