CiriCara: Cara Mencegah dan Mengatasi Perut Kembung

by
February 21st, 2013 at 5:10 pm

perut kembungCiriCara.com – Perut kembung biasanya dialami oleh orang yang memiliki riwayat penyakit maag. Namun, tidak semua orang yang mengalami perut kembung memiliki riwayat penyakit maag. Perut terasa kembung bisa juga disebabkan karena kelebihan gas dalam perut.

Selain itu, ada empat penyebab lainnya yang membuat perut jadi terasa kembung yaitu makan terburu-buru, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng, mengonsumsi makanan yang mengandung gas dan pedas, dan meminum atau mengonsumsi makanan berkadar asam tinggi, seperti kopi, teh, minuman beralkohol, dan lainnya.

Perut terasa kembung tentunya cukup menyiksa Anda. Untuk itu, Anda harus segera mengatasi dan mencegahnya agar tidak terjadi seperti itu lagi. Dilansir Perempuan.com, berikut cara mencegah dan mengatasi perut kembung:

1.  Mengunyah makanan perlahan

Salah satu pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah mengunyah makanan secara perlahan, 30 kali sebelum ditelan. Makanan yang dikunyah hingga halus tentunya akan memudahkan saluran pencernaan untuk mengolahnya. Selain itu,  jangan terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman yang berlemak, yang memproduksi gas, serta berkadar asam tinggi.

2. Makan sedikit-sedikit

Anda disarankan untuk tidak makan dengan porsi yang berlebihan. Jangan makan dalam porsi yang besar berfrekuensi sedikit. Lebih baik Anda makan dalam porsi sedikit tapi sering. Misalnya, makan 6-8 kali dalam sehari dengan porsi sedikit daripada makan sehari 3 kali dengan porsi besar.

3. Mengonsumsi makanan yang baik untuk pencernaan

Makanan yang baik untuk pencernaan, seperti yoghurt, oatmeal, pepaya dan lain sebagainya. Semua makanan itu berfungsi lebih baik dan efisien sehingga pencernaan Anda akan lancar.

4. Meminum air jahe

Ternyata parutan jahe bisa mengatasi perut kembung dan masuk angin. Anda bisa memarut jahe, lalu dibalurkan ke perut. Selain itu, Anda juga bisa meminumnya langsung agar perut kembung bisa segera hilang.

Itulah cara mencegah dan mengatasi perut kembung. Bagaimanapun juga, perut yang kembung akan menyiksa diri Anda sendiri. Untuk itu, segera atasi dengan cara di atas. Selamat mencoba. (NR)

Comment di sini