Cowok Menangis Tidak Berarti Lemah

by
February 21st, 2013 at 2:55 pm

Cowok menangis CiriCara.com – Siapa bilang kalau cowok tidak boleh menangis? Siapa pula yang mengatakan kalau cowok menangis tandanya dia lemah?

Sebagai manusia biasa tentu, cowok juga memiliki perasaan sedih atau berduka yang umumnya pasti diekspresikan lewat air mata. Tidak ada peraturan tertulis yang melarang cowok menangis, bukan?

Sebenarnya larangan itu hanyalah stereotip belaka. Adalah salah kalau setiap kali cowok menangis, lantas cowok itu langsung dikategorikan sebagai cowok yang lemah.

Peneliti-peneliti di dunia telah menekankan bahwa sah-sah saja jika cowok menangis, tapi stereotipe bahwa cowok tidak menangis lebih kuat mempengaruhi para pria di dunia.

Pasalnya, dilansir dari Shine.Yahoo.com, pada zaman dahulu, jika seorang laki-laki menangis, hal itu dianggap sebagai kekuatan maskulinnya. Sedangkan, berdasarkan kebudayaan di wilayah barat, tangisan seorang pria itu menunjukkan kejujuran dan integritasnya.

Menurut Psychcentral.com, mantan presiden Amerika Serikat, Abraham Lincoln terkenal sebagai presiden yang selalu menggunakan strategi air mata pada setiap pidatonya.

Selain itu, sekarang ini, sering pula kita jumpai dalam beberapa film, karakter pria melakukan adegan menangis sebagai bentuk ekspresi perasaannya terhadap situasi yang dihadapinya.

Cowok menangis bukan berarti lemah

Hal-hal tersebut menunjukkan bahwa sebenarnya, tidak masalah kalau seorang pria ingin menangis. Namun, entah mengapa, masih banyak pria-pria di seluruh dunia, yang enggan untuk menitikan air mata. Apakah kamu salah satunya?

Buanglah jauh-jauh pikiran bahwa menangis hanya akan membuat pria terlihat lemah! Sebenarnya, tidak semua orang, khususnya para wanita akan beranggapan seperti itu. Malahan sebuah penelitian dari Penn State University membuktikan kalau orang yang melihat pria menangis, itu menandakan ketulusan dan kejujuran hatinya.

Selain itu, penelitian lain yang diujikan kepada para atlet sepakbola menunjukkan kalau atlet yang tidak canggung untuk mengekspresikan perasaan sedihnya dengan menangis, memiliki harga diri yang tinggi dibandingkan dengan atlet yang malu untuk menangis.

Jadi, bagi para cowok, jangan sungkan-sungkan untuk menangis, apalagi di depan pasanganmu atau keluarga sendiri. Kalau perasaan yang hanya bisa diekspresikan lewat air mata, tapi malah ditahan-tahan, justru akan membuat tekanan darah tinggi, dan penyakit lainnya.

(yk)

Shine Yahoo

Comment di sini