Dilaporkan, Blogger Enggan Tanggapi Andrea Hirata

by
February 21st, 2013 at 1:55 pm

Jakarta (CiriCara.com)Damar Juniarto adalah seorang blogger yang dilaporkan oleh Andrea Hirata karena telah membuat tulisan yang menuduh penulis Laskar Pelangi tersebut sebagai seorang pembohong.

VIVAnews

VIVAnews

Menanggapi pelaporan tersebut, Damar enggan berkomentar dan belum mau menanggapi langkah Andrea. Sebagai pelapor, Andrea Hirata telah menunjuk Yusril Ihza Mahendra sebagai pengacara. Damar mengatakan bahwa ia masih menunggu langkah penulis tersebut selanjutnya.

“Karena (Andrea) belum melakukan langkah hukum, saya belum perlu lakukan apa-apa. Kalau sudah ada langkah hukum, baru saya mempersiapkan diri. Saya pengin tahu dulu rencananya seperti apa ” katanya Rabu 20 Februari 2013 kepada Tempo.co.

Damar juga belum bisa berkomunikasi dengan Andrea yang saat ini masih berada di Perth, Australia. Sejauh ini, Damar baru bisa berkomunikasi dengan manajer Andrea. Dia dan manajer Andrea sedang mengupayakan hal terbaik agar tidak menyentuh ke jalur hukum.

Sambil menunggu tanggapan dari Andrea Hirata, Damar menelusuri kembali tulisannya yang pernah dimuat di Kompasiana. Ia mengaku sedang mencari bagian tulisan mana yang dianggap mencemarkan nama baik Andrea Hirata. Namun hingga sekarang, Damar masih enggan berkomentar tentang ada tidaknya niatnya untuk minta maaf kepada Andrea.

Pada tanggal 13 Februari 2013 lalu, Damar menulis soal Andrea Hirata di Kompasiana. Namun, tulisan yang merupakan idenya itu akhrinya berbuntut panjang karena Andrea melaporkan Damar karena telah menuduh penulis itu sebagai pembohong.

Awalnya, Damar menyebut bahwa Andrea Hirata si penulis Laskar Pelangi berbohong.  Ia mengatakan bahwa cara Andrea Hirata yang mengklaim bukunya telah masuk ke ranah internasional tidak lebih dari strategi pemasaran dan pencitraan dirinya.

Dalam tulisannya, Damar menyebutkan bahwa Andrea sedang melakukan personal branding yang dibangun dengan cara membalut diri melalui informasi yang fantastis sama seperti kisah Ikal yang ditulisnya.

Karena tulisan inilah, Andrea lalu berniat melaporkan tulisan Damar lewat kuasa hukumnya, Yuhzril Ihza Mahendra. (RN)

Comment di sini