Laporkan Blogger, Andrea Hirata Dihujat di Twitter

by
February 21st, 2013 at 3:07 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Aksi Andrea Hirata, penulis novel Laskar Pelangi yang melaporkan seorang blogger karena telah menuduh dirinya melakukan kebohongan publik, menuai banyak kecaman.

VIVAnews

VIVAnews

Kecaman yang datang kepada Andrea Hirata itu berasal dari dunia maya khususnya jejaring sosial, Twitter. Di Twitter, Andrea mendapat kritikan karena dianggap telah melakukan tindakan yang salah atas pelaporan diri Damar Juniarto.

Kisruh Andrea dan Damar berawal dari tulisan Damar Juniarto. Tulisan yang berjudul “Pengakuan Internasional Laskar Pelangi: Antara Klaim Andrea Hirata dan Faktanya” diunggah di Kompasiana pada hari Rabu, 13 Februari 2013.

Dalam tulisan itu, Damar menuliskan pendapatnya tentang beberapa opini Andrea Hirata. Salah satunya adalah menanggapi pernyataan Andrea Hirata yang mengatakan bahwa dalam 100 tahun terakhir tidak ada novelis atau sastrawan dari Indonesia yang karyanya mendunia.

Kecaman yang datang kepada Andrea Hirata juga berasal dari berbagai akun di Twitter.

Misalnya saja akun @arman_dhani yang berkicau “Buruk muka cermin dibelah! @andreahirata segini saja mentalitas kau? Katanya penulis? Tak tahan kritik?”

Akun tersebut juga menyertakan tentang link yang berisi tentang artikel tentang tulisan kritik yang harus dibalas dengan tulisan, bukan laporan.

Berbagai akun Twitter lain juga menyatakan kekecewaannya terhadap Andrea Hirata karena pelaporan Damar akibat tulisannya di blog:

Twitter

Twitter

Hingga kini, kasus Andrea dan Damar masih bergulir. Damar Juniarto selaku blogger masih enggan menanggapi pelaporan dirinya yang dilakukan oleh Andrea Hirata. (RN)

Comment di sini