CiriCara: Cara Menangani Pelek Motor yang Terkena Lubang

by
February 22nd, 2013 at 11:29 am

velg

CiriCara.com - Hujan yang terus turun belakangan ini menimbulkan genangan sehingga menyebabkan kerusakan jalan di sejumlah lokasi. Hal ini sudah pasti merugikan kita sebagai pengguna jalan terutama, pengendara motor.

Apalagi bila tidak sengaja menghantam salah satu lubang-lubang pada jalanan tersebut. Risikonya termasuk motor mengalami kerusakan, hingga kecelakaan yang bisa saja merenggut nyawa si pengendara.

Bagi pengendara motor jalan rusak sangatlah berbahaya karena selain dapat membuat hilang keseimbangan dan jatuh dari motor, pelek motor juga kena imbasnya entah itu pelek menjadi bengkok atau longgar jari-jarinya yang dapat membahayakan pengendara bila tidak segera diperbaiki.

Ada baiknya bila sudah pernah sekali atau dua kali menghantam jalan yang berlubang, segera periksa kondisi pelek motor Anda sebelum kondisinya bertambah parah dan biaya yang dikeluarkan menjadi mahal. Baik untuk pelek jari-jari atau pelek racing, Anda bisa mampir ke tukang setel pelek guna memperbaikinya.

Untuk biayanya bila kondisi tidak terlalu parah cukup murah yaitu sekitar 30 sampai 45 ribu untuk 1 ban ini untuk menyetel pelek jari-jari.

Untuk pelek racing harganya beda karena tindakan yang dilakukan juga beda, untuk pelek racing dikenal dengan nama di-press. Untuk pengepresan biasanya biayanya sekitar 100 ribu untuk 1 rodanya. Masih lebih murah dibanding harus mengganti pelek secara keseluruhan.

Pengendara motor di Jakarta diharapkan untuk lebih waspada di puncak musim hujan ini. Lubang di jalan sebaiknya dihindari, namun jangan sampai membuat pengendara motor lain terganggu. Pengendara motor yang tiba-tiba menghindari lubang bisa terserempet atau tertabrak pengguna jalan lain yang berada di belakangnya.

Jika melihat bahwa lubang sudah terlampau dekat dengan motor, lebih baik dilewati saja daripada pengguna jalan di belakang kaget karena gerakan Anda yang tiba-tiba.

Untuk melaporkan lubang di jalan yang membahayakan, Pemprov DKI Jakarta lewat Dinas Pekerjaan Umum menyediakan layanan pengaduan. Penjelasan tentang info layanan pengaduan lubang di jalanan Jakarta tersedia di artikel ini.  (ER)

 

Comment di sini