CiriCara: Cara Mencegah Gatal Akibat Eksim

by
February 22nd, 2013 at 4:17 pm

kulit gatalCiriCara.com – Eksim atau dermatitis merupakan kelainan kulit yang mana kulit nampak meradang dan iritasi. Peradangan ini bisa terjadi di mana saja, namun yang paling sering terkena adalah tangan dan kaki. Gangguan peradangan pada kulit ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi hingga orang dewasa.

Gejala sederhana yang ditunjukkan adalah timbulnya warna kemerahan pada kulit. Selain itu, eksim juga bisa muncul akibat alergi. Gangguan tersebut disebut eksim jika sudah menimbulkan bekas yang menghitam, tebal, gatal, dan seringkali kambuh.

Dilansir Health.Kompas.com, dr. Lilik Norwati, Sp.KK, mengatakan bahwa banyak orang yang mengira eksim disebabkan oleh kuman. Padahal, sebenarnya ini merupakan kondisi kulit sensitif dan dipengaruhi oleh faktor bakat alergi. Seseorang yang mengalami eksim haruslah mengenali pencetus alergi yang dialami.

Beberapa pencetus yang harus diwaspadai adalah debu, keringat, udara kering, dan deterjen dalam sabun. Selain itu, cermati juga mengenai pakaian, tempat, obat, kosmetik, atau benda yang disentuh. Dengan menghindari pencetus alergi tersebut, Anda bisa mencegah rasa gatal.

Agar gatal dan terasa panas di kulit tidak datang tiba-tiba, sebaiknya lakukan pencegahan di bawah ini:

1. Jangan memakai perawatan kulit yang memiliki pewangi

Hindari memakai sabun atau kosmetik yang memiliki pewangi. Jika ingin mempehalus atau mempercantik kulit, maka pilihlah yang berbahan alami saja.

Eksim

Eksim

2. Menggunakan sabun yang tepat

Seorang spesialis kulit dari RSPAD Gatot Subroto mengatakan bahwa Anda disarankan untuk menggunakan sabun mandi yang lembut dan mengandung pelembap untuk kulit sensitif.

3. Melembapkan kulit

Pelembap kulit wajib Anda pakai setiap hari, terutama setelah mandi. Pilih produk yang memiliki lemak pelindung.

4. Memakai pakaian yang tidak menyebabkan gatal

Anda harus memakai pakaian yang bersih, tidak ketat, dan menyerap keringat untuk menghindari gatal.

5. Menjaga keseimbangan berat badan

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau gemuk biasanya memiliki gesekan pada lipatan kulit yang memicu jamur kulit.

Itulah cara mencegah kulit gatal akibat eksim. Yang terpenting adalah jangan menggaruknya. Menggaruk eksim hanya akan memperburuk keadaan karena kulit akan terinfeksi oleh bakteri-bakteri yang ada di dalam kuku. Untuk itu, guntinglah kuku pada orang yang memiliki penyakit eksim agar luka tidak terinfeksi oleh kuman.

Ketahuilah bahwa gaya hidup ikut berperan penting dalam menyuburkan jamur eksim pada kulit. Faktor luar yang menjadi pemicu utama berjangkitnya penyakit kulit eksim ini adalah alam tropis Indonesia yang sangat panas dan lembap. Hal tersebut menyuburkan semua penyakit kulit karena tubuh manusia jadi lebih sering mengeluarkan keringat. (NR)

Comment di sini