CiriCara: Cara Tepat Menutup Kartu Kredit

by
February 22nd, 2013 at 11:49 am

menutup kartu kreditCiriCara.comKartu kredit memang menawarkan kemudahan bagi pemakainya. Tanpa membawa uang tunai, Anda bisa membeli barang apa saja yang diinginkan. Selain itu dengan menggunakan kartu kredit, Anda juga bisa mendapatkan diskon yang cukup menggiurkan.

Namun, seseorang yang memiliki kartu kredit itu haruslah bijak menggunakannya. Jangan sampai, Anda tidak bisa membayar tagihannya karena terlalu boros menggunakannya. Dengan bijak menggunakannya, tentunya Anda juga yang akan merasakan keuntungannya. Jika terlilit utang karena tak bisa membayarnya, maka Anda juga yang nantinya akan rugi.

Walaupun terdapat keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan, namun tahanlah diri Anda agar tidak memakainya. Alangkah baiknya, Anda menutup kartu kredit saja untuk meningkatkan saldo di bank. Selain itu, dengan menutupnya Anda juga akan keluar dari jeratan bunga yang sangat tinggi.

Bagi Anda yang ingin menutup kartu kredit, berikut cara tepat yang bisa dilakukan yang dicuplik dari Investopedia.com:

1. Melunaskan tagihan

Jika Anda masih memiliki tagihan di kartu kredit, maka segera lunaskan semua utang-utang tersebut. Cara ini tentunya bisa memudahkan urusan Anda dengan pihak bank. Jika tak sanggup membayar semua tagihan kartu kredit, maka lunaskan dahulu tagihan dari kartu kredit yang memiliki bunga rendah.

2. Mengecek dokumen terkait

tak menggunakan kartu kredit lagi

Sebelum menutupnya, Anda terlebih dahulu membaca perjanjian prosedur penutupan kartu kredit dan kemungkinan penalti yang dikenakan sebelum menutup kartu kredit. Jika Anda belum terlalu lama memiliki kartu kredit tersebut, maka bisa dikenakan biaya untuk penutupan yang terlalu awal.

3. Mengumpulkan hadiah

Hadiah apapun, seperti poin atau yang lainnya secara teknis masih menjadi milik Anda sekalipun kartu kredit sudah ditutup. Jika jumlahnya tidak memenuhi batas tertentu untuk mendapatkan hadiah, maka segeralah putuskan. Apakah akan dilepas atau mempertahankan kartu sampai batasnya habis. Jika hadiah yang ditawarkan lebih kecil dari jumlah kredit ditambah bunga, maka lebih baik tutup saja kartu kredit tersebut.

4. Membatalkan pembayaran otomatis

Sebelum menutup akun, Anda perlu masuk ke situs bank dan membatalkan seluruh pembayaran otomatis tagihan atau pemindahan rekening yang telah diatur otomatis ke kartu kredit. Jika tak melakukannya, maka Anda akan berhadapan dengan urusan dokumen sehingga menghabiskan waktu untuk menutup kartu kredit tersebut.

5. Menelepon pegawai bank untuk menutup kartu kredit

Untuk mendapatkan nomor teleponnya, Anda pelu melihat nomor pelayanan konsumen dalam tagihan kartu kredit. Lalu, persiapkan diri Anda untuk berbicara dengan pegawai bank yang sudah pandai membujuk konsumen membatalkan penutupan. Jika ditawarkan untuk tetap bertahan, maka Anda harus menjawab, “Tidak terima kasih, saya ingin menutup kartu kredit”.

Selain itu, tanyakanlah kapan tanggal penutupan kartu kredit berlaku efektif dan klarifikasi jika ada biaya tambahan sebelum penutupan kartu kredit. Jika ada, maka tanyakanlah apakah bisa dibayar terlebih dahulu. Anda juga bisa meminta penutupan kartu tersebut melalui surat yang dikirim oleh pihak bank.

6. Meminta konfirmasi tertulis

Saat menelepon, mintalah pihak bank untuk mengirimkan surat konfirmasi permintaan penutupan dan tanggal efektif penutupan kartu tersebut. Lalu, Anda harus menyimpannya. Jika kartu kredit sudah ditutup tapi masih ada tagihan, maka Anda bisa menunjukkan bukti tertulis tersebut. Hal tersebut bisa saja terjadi karena pihak bank tidak benar ketika memprosesnya.

Itulah cara tepat menutup kartu kredit. Nampaknya, tanpa memiliki kartu kredit Anda bisa meningkatkan saldo tabungan di bank. Selain itu, Anda juga akan terbebas dari utang dan kehidupan di hari tua akan terjamin. (NR)

Comment di sini