Mobil Ramah Lingkungan Ala Volkswagen

by
February 22nd, 2013 at 12:54 pm

CiriCara.com – Salah satu produsen mobil ternama di dunia asal Jerman, Volkswagen telah mengumumkan mobil produksi terbarunya, yang disebut-sebut sebagai mobil dengan bahan bakar paling efisien di dunia.

Kabarnya, mobil dengan tipe VW XL 1 ini mampu menempuh jarak hingga 500 km untuk setiap 1 galon bahan bakarnya.

SWNS.com

SWNS.com

Mobil ini digerakkan dengan mesin diesel kecil kapasitas 800 cc, baterai, dan motor listrik terpisah. Ini akan memberikan plug-in hybrid dari 0 – 99 km/jam dalam waktu 12,2 detik. Batas kecepatan maksimumnya adalah 159 km/jam.

Mobil dengan bahan bakar paling efisien di dunia ini, tidak menampilkan sosok mobil sport seperti yang sebelum-sebelumnya sudah diproduksi, tetapi mobil ini muncul sebagai mobil ramah lingkungan.

Demi penghematan bahan bakar, mobil ini sangat efisien karena hanya akan menghabiskan biaya 1.40 poundsterling (sekitar 21.000 rupiah) untuk menempuh perjalanan sejauh 103 km.

Selain itu, VW XL 1 ini mampu menempuh jarak 50 km dalam mode listrik, dan tidak akan menghasilkan karbondioksida sama sekali.

Total emisi yang dikeluarkan oleh VW XL 1 ini ialah 21 g/km, angka itu kurang dari seperempat bagian dari jumlah emisi yang dihasilkan oleh Toyota Prius.

Mobil berkapasitas 2 orang yang memiliki berat 795 kg ini, dikabarkan akan diproduksi oleh pabrik Osnabrueck di Jerman, berbarengan dengan mobil Golf Cabriolet dan Porsche Boxster.

Menanggapi masalah global warming, para produsen mobil sekarang ini sedang berlomba-lomba menciptakan mobil yang ramah lingkungan dengan total emisi yang jauh lebih sedikit dibandingkan mobil biasa, salah satu contohnya ialah McLaren P1.

(yk)

Daily Mail

Comment di sini