6 Jenis Pemanis Buatan untuk Penderita Diabetes

by

daun steviaCiriCara.comPenderita diabetes biasanya dianjurkan untuk mengganti gula tebu dengan pemanis buatan. Produk pengganti gula bisa dijadikan pilihan bagi penderita diabetes karena dibentuk di laboratorium sehingga tidak mengandung kalori dan tidak menaikkan kadar gula darah.

Dilansir dari Health.Kompas.com, Keri Glassman, ahli gizi asal New York mengatakan bahwa anjuran yang terbaik adalah dengan menggunakan kandungan gula yang sangat minimal dalam diet penderita diabetes. Berikut 6 jenis pemanis buatan yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes:

1. Alkohol gula

Polyols atau alkohol gula merupakan turunan dari serat alami dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Jenis pemanis ini mengandung karbohidrat sehingga dikelompokkan ke dalam pemanis nutritif. Kandungan gula yang ada pada jenis ini rendah sehingga bisa dijadikan pilihan sebagai pengganti gula bagi penderita diabetes.

2. Sakarin

Sakarin merupakan pemanis buatan yang memiliki struktur sulfinida benzoat. Sakarin tidak menghasilkan kalori karena strukturnya berbeda dengan karbohidrat. Sakarin ini bisa menjadi pilihan sebagai pengganti gula untuk penderita diabetes. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan sakarin bisa memicu penambahan berat badan. Sakarin bisa digunakan untuk makanan panas atau dingin dan tidak diarankan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil atau menyusui.

3. Sucralose

gula pasir

Sucralose merupakan jenis pemanis non-nutritif yang tepat untuk pasien diabetes. Walaupun sucralose 600 kali lebih manis dari gula, namun tak memiliki efek menaikkan gula darah. Pemanis buatan yang satu ini bisa dipakai pada makanan pedas atau dingin.

4. Agave

Jenis pemanis buatan ini merupakan turunan dari getah yang diambil dari tanaman agave. Agave memiliki indeks gilkemik yang rendah sehingga diserap lebih lama di tubuh dan tidak menimbulkan lonjakan gula darah. Tingkat kemanisannya sekitar dua kali dari gula biasa. Untuk mendapatkan manfaat utama dari agave, pilihlah yang mentah, organik, dan tidak dipanaskan.

5. Aspartam

Aspartam merupakan pemanis buatan non-nutritif yang 200 kali lebih manis dari gula tapi tak mengandung kalori. Bagi penderita diabetes bisa menggunakannya untuk makanan dingin atau hangat. Namun, tak semua orang bisa mengonsumsi pemanis ini. Orang-orang yang menderita kondisi phenylketonuria tidak disarankan untuk mengonsumsinya karena bisa menimbulkan efek samping.

6. Stevia

Jenis pemanis yang satu ini terkenal di Amerika karena tidak memiliki kalori sedikitpun. Menurut para ahli nutrisi, stevia tidak mengandung bahan kimia apapun sehingga dianggap aman untuk dikonsumsi dan sangat bagus untuk penderita diabetes karena bisa menurunkan tingkat insulin. Namun, Anda harus tetap berhati-hati pada merek-merek stevia yang ada di pasaran karena masih ada yang tidak natural.

Itulah 6 pemanis buatan untuk penderita diabetes. Namun, beberapa jenis gula yang harus dihindari bagi penderita diabetes adalah gula murni, seperti gula pasir, gula merah, permen, cokelat, selai, atau susu kental manis. (NR)


comments powered by Disqus