CiriCara: Cara Sukses Menjalankan Bisnis Peternakan Ayam

by
February 25th, 2013 at 4:20 pm

bisnis peternakan ayam potongCiriCara.com – Daging ayam bisa dikatakan merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain itu, daging ayam juga sebagai salah satu bahan masakan yang cukup populer dan tidak pernah mengalami perhentian permintaan dari pelanggan kecuali jika sedang terjangkit sebuah virus.

Melihat hal tersebut, beberapa wirausahawan ingin mencoba memulai usaha beternak ayam potong agar mendapatkan keuntungan yang besar. Peluang usaha ayam potong bisa dilakukan di mana saja, baik di desa maupun kota. Jika Anda memilih lahan dan kawasan yang tepat untuk mengembangkan bisnis yang satu ini, maka keuntungan yang didapat juga akan besar.

Anda ingin mencoba menggeluti bisnis yang satu ini? Berikut cara sukses menjalankan peternakan ayam potong:

1. Pilih lahan yang tepat

Peluang usaha peternakan ayam potong membutuhkan area lahan yang memadai, baik dari segi ukuran, tata letak lahan, dan kebersihannya. Sebelum membuka usaha peternakan ayam potong, pastikan Anda sudah memiliki lahan yang memenuhi standar di atas. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kualitas ternak ayam tetap sehat dan tidak menimbulkan pencemaran lingkungan, udara, air, dan sebagainya.

menjalankann bisnis peternakan ayam

Antara

2. Memiliki jaringan yang luas

Peluang usaha peternakan ayam potong Anda akan semakin berkembang jika bekerjasama atau membuka jaringan dengan pihak-pihak restoran, hotel, pelanggan-pelanggan setia, dan lain sebagainya. Dengan begitu, usaha ayam peternakan ayam potong yang akan dijalani tentunya tidak akan mati karena sudah memiliki pelanggan setia. Selain itu, pastikan juga Anda memiliki relasi pelanggan yang tetap dan membutuhkan ayam potong dalam jumlah yang besar.

3. Mengantarkan pesanan ke pelanggan

Bagi Anda yang masih memiliki modal kecil-kecilan, peluang usaha peternakan yang Anda jalani saat ini bisa didukung dengan upaya pelayanan yang memuaskan pelanggan. Misalnya, melakukan pesan antar ke alamat pelanggan tanpa dikenakan ongkos tambahan. Meskipun kelihatannya sepele, namun cara ini cukup membuat para pelanggan merasa dimanjakan. Selain itu, cara ini juga bisa dilakukan agar bisnis menjadi lebih berkembang.

Itulah cara sukses menjalankan bisnis peternakan ayam potong. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebersihan kandang dan kesehatan si ayam. Berikan makanan yang tepat dan sehat agar mendapatkan ayam terbaik dan memuaskan para pelanggan. (NR)