CiriCara: Cara Tepat Menggunakan Kamera Smartphone

by
February 25th, 2013 at 4:57 pm

take-photos-with-a-smartphoneCiriCara.com – Selain pemutar video dan musik, fitur kamera adalah salah satu fitur unggulan yang dipasangkan pada smartphone-smartphone terkini. Fitur kamera yang tertanam pada smartphone juga menjadi salah satu nilai jual yang bisa menentukan kesuksesan sebuah smartphone.

Kualitas kamera kadang berpengaruh pada kualitas foto yang diambil. Namun bila kita tidak tepat menggunakannya, smartphone berkamera canggih pun tidak akan menghasilkan foto yang bagus. Bagaimana cara mengambil foto yang bagus dengan kamera smartphone? Berikut ini cara tepat menggunakan kamera smartphone:

1. Pastikan kebersihan lensa

Bersihkan lensa kamera smartphone sebelum mengambil gambar. Biasanya aktifitas smartphone sehari-hari tidak selalu melibatkan kamera, maka kadang kebersihan lensa terabaikan. Sangat mungkin bahwa lensa ini terkena debu, bekas tangan, atau minyak yang tentunya mempengaruhi kualitas jepretan.

2. Pilih objek sesuai kemampuan kamera

Karena kemampuan kamera smartphone cenderung terbatas maka saat kita akan mengambil gambar, coba untuk tidak melampaui batasan kemampuan kamera smartphone. Hindari foto dalam cahaya rendah atau gelap, hindari obyek yang membutuhkan fokus yang sangat rapat, dan sebagainya.

3. Gunakan mode pengambilan resolusi tinggi

Karena kemampuannya terbatas, maka pasang kamera pada kualitas tertinggi sebelum mengambil gambar. Tidak hanya untuk menghindari hasil gambar yang kurang jelas, tapi juga untuk memudahkan kita untuk mengeditnya di komputer.

4. Jangan gunakan frame saat mengambil gambar

Aplikasi kamera smartphone kini sudah banyak dan menawarkan fitur-fitur lucu seperti memasang bingkai saat mengambil gambar. Untuk menghasilkan gambar yang bagus, ambil gambar terlebih dahulu menggunakan mode normal tanpa bingkai, lalu setelah itu baru kita bisa memilih bingkai yang sesuai dan tidak terjebak dengan foto bingkainya tidak bisa diganti.

5. Sesuaikan pengaturan pencahayaan

Bila Anda mengambil gambar dengan kamera smartphone yang canggih, biasanya ada pengaturan untuk mengatur white balance agar sesuai dengan pencahayaan. Bila pengaturan ini ada, gunakanlah untuk memaksimalkan hasil foto.

Mengambil gambar seperti layaknya belajar mengendarai sepeda, semakin terus di coba semakin lancar dan mahir. Semoga panduan ini berguna untuk memanfaatkan secara maksimal kualitas kamera smartphone Anda. Gunakanlah smartphone yang sudah didedikasikan untuk penggemar fotografi agar foto yang dihasilkan tampak lebih bagus. (LH)

Comment di sini