CiriCara: Ciri-ciri Anak Mulai Merasa Stres

by
February 25th, 2013 at 5:01 pm

si anak stresCiriCara.comStres yang dialami si anak bukan hanya terjadi karena jadwalnya yang padat. Namun bisa juga disebabkan karena lingkungan di sekitarnya, termasuk orangtua. Emosi yang Anda luapkan kepadanya ternyata bisa membuatnya merasa stres, seperti membanting pintu, berteriak, dan lain sebagainya.

Seorang anak yang megalami stres tentunya akan berdampak pada psikologisnya. Selain itu, stres pada anak juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang terlalu resah memiliki kadar antibodi pembasmi virus lebih rendah di dalam saluran pernapasan atas sehingga mereka lebih rentan terhadap pilek dan flu.

Namun, sebagai orangtua Anda bisa mengetahui si anak sedang merasa stres atau tidak. Bagaimana caranya? Berikut ciri-ciri anak mulai merasa stres:

1. Mudah marah

Saat Anda nasihati, si anak bukannya mendengarkan tapi malah mengamuk. Selain itu saat sedang bermain dengan teman-temannya, si anak juga menjadi gampang marah. Jika sudah begitu, maka bisa diartikan kalau Anak Anda sedang merasa stres.

2. Menjadi agresif

anak mudah marah

Si anak jadi memiliki tempramental yang tinggi sehingga membuat Anda jengkel dan ingin segera memukuli akibat perbuatan yang dilakukan. Jika si anak menjadi agresif, maka Anda harus lebih sabar menghadapinya agar tidak membuatnya tambah stres.

3. Menarik diri

Biasanya si anak terbuka dan mau menceritakan tentang kehidupan di sekolahnya. Tapi, akhir-akhir ini si anak mulai menarik diri dan tertutup pada Anda. Sikap yang ditunjukkan si anak itu sebaiknya perlu Anda waspadai. Bisa jadi anak Anda mulai merasa stres.

4. Sulit tidur

Jika disuruh tidur tepat waktu, maka si anak malah tetap menonton televisi dengan alasan tak bisa tidur. Beberapa hari Anda mengamatinya, si anak tetap bersikap seperti itu. Jika sudah begitu, maka bisa jadi si anak sedang merasa stres.

5. Hilang nafsu makannya

Porsi makan si anak tak seperti biasanya. Selain itu, jika disuruh makan, maka dirinya juga akan menolak. Hilang nafsu makannya itu bisa disebabkan karena dirinya mulai merasa stres.

6. Menjadi lebih panik

Dirinya menjadi lebih panik padahal tidak ada hal-hal yang menghebohkan.

Itulah ciri-ciri anak yang mulai merasa stres. Jika si anak sudah mulai menunjukkan perilaku tersebut, maka coba konsultasikan pada dokter anak atau meminta masukan dari guru di sekolahnya. Untuk menghindari si anak menjadi stres, sebagai orangtua Anda juga harus meminimalisir tingkat stres yang dirasakan. Selain itu saat kemarahan memuncak, alangkah baiknya untuk menenangkan diri saja. (NR)

Comment di sini