Kemunculan PlayStation 4 Belum Jawab 5 Pertanyaan Ini

by
February 25th, 2013 at 10:36 am

images (21)CiriCara.com – Acara pengumuman resmi PlayStation 4 yang berlangsung selama dua jam, memberikan banyak informasi tentang perangkat yang digosipkan akan meluncur bulan November tahun ini. Namun dari banyaknya informasi tentang perangkat ini. masih ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab.

Berikut ini 5 pertanyaan belum terjawab tentang PlayStation 4 :

1. Bagaimana perkembangan PS Vita?

Andrew House selaku Presiden dan CEO Sony menyampaikan bahwa “Pada dasarnya kami (Sony) akan terus mengembangkan potensi PS Vita.” Tapi bagaimana caranya? Jawaban dari pertanyaan ini tidak berlanjut hingga acara berakhir. Apakah Sony akan terus mengembangkan game khusus PS Vita? Atau PS Vita bisa menjadi partner dan alat pelengkap PlayStation 4?

2. Bagaimana proses kerja touchpad pada DualShock 4?

Bagi yang sudah melihat bocoran penampakan joystick DualShock PS4 yang tersebar di dunia maya akhir-akhir ini, mungkin tidak akan terkejut dengan hadirnya komponen touchpad yang tampil di bagian tengah pengendali game ini. Namun pertanyaan mulai menggunung tentang fitur ini, seperti bagaimana touchpad ini berkerja? fungsinya apa? Game jenis apakah yang menggunakan fitur ini? Apakah fitur ini hanya sebagai pelengkap atau menjadi komponen penting dalam game?

Pertanyaan-pertanyaan ini tidak terjawab dari awal hingga akhir acara. Mungkin pemakaiannya akan mempengaruhi gaya permainan game, namun alangkah serunya bila sedikit saja ditunjukan demo penggunaannya.

3. Apakah PS4 juga mempunyai fitur perekam seperti PS3?

Pada PS3 terdapat fitur perekam dengan sebuah alat rekam yang dapat dibeli di pasaran. Dengan PS4, proses perekaman dapat dilakukan tanpa menggunakan kotak perekam itu, lagi cukup dengan satu tombol saja pengguna dapat merekam kejadian-kejadian yang terjadi pada game hingga 15 menit lamanya.

Tapi bagaimana setelah direkam? Apa bisa disebarkan ke kanal media sosial atau bisa di-upload di YouTube? Pertanyaan-pertanyaan ini juga belum terjawab.

4. Berapa harga PlayStation 4?

Sepanjang acara tidak ada yang menyebutkan harga dari PS4 ini, bahkan kisaran harganya pun tidak tersebutkan. Kalau dulu PS3 hadir dengan harga $499 atau sekitar 4.5 juta Rupiah untuk varian 20 GB sedangkan untuk yang 60 GB berharga $599 atau sekitar 5.5 juta Rupiah, semuanya memiliki RAM 512 MB. Lalu kini kira-kira berapa harga PS4 yang memiliki RAM 8GB?

Erik Kain seorang jurnalis video game menyampaikan bahwa perkiraan harga PS4 hanya sekitar $400 saja, bahkan mungkin Sony belum menetapkan harga PS4 guna melihat persaingan terlebih dahulu.

5. Bagaimana dengan game PlayStation lama?

Telah disebutkan secara resmi bahwa kita dapat memainkan game PS1, PS2, PS3 dengan menggunakan PS4. Namun bagaimana cara kita memainkannya? Bagaimana jika kita masih punya game-game lama dalam bentuk CD atau DVD, apakah akan jalan di PS4? Atau kita harus membeli game-game tersebut kembali di PlayStation store?

Jika tetap bisa memakai CD atau DVD lama kita tentu saja akan lebih seru, namun bila tidak, hal ini dapat mengurangi minat pasar yang tidak ingin mengeluarkan uang lebih untuk membeli game-game lama kembali. Belum ada jawaban yang jelas dari Sony perihal masalah ini.

Lebih lanjut ketika dicecar dengan banyak pertanyaan, beberapa perwakilan dari Sony menyampaikan bahwa detail lain tentang PS4 akan terungkap pada bulan-bulan ke depan. (LH)

Comment di sini