Kenapa Wanita Lebih Cerewet Dibanding Pria?

by
February 25th, 2013 at 11:48 am

wanita lebih cerewet dibanding priaCiriCara.com – Saat ada waktu senggang dan berkumpul dengan teman-teman, suara merdu wanita lebih terdengar dibanding pria. Makin asyik pembicaraan yang dilakukan, makin kencang juga suara yang dikeluarkan wanita.

Apakah Anda menyadari akan hal tersebut?

Sudah menjadi hal umum yang diketahui banyak orang jika wanita lebih cerewet dan suka bergosip dibandingkan pria. Hal tersebut seringkali dikaitkan dengan kodrat dan sifat alami yang dimiliki seorang wanita.

Namun, baru-baru ini peneliti menemukan penyebab ilmiah kenapa wanita lebih cerewet dibanding pria.

Menurut penelitian terbaru dari University of Maryland School of Medicine, wanita lebih cerewet dibanding pria karena disebabkan oleh tingkat senyawa kimia yang disebut FOXP2 dalam otaknya. FOXP2 bisa disebut sebagai “Protein bahasa” yang bertanggung jawab terhadap kemampuan seseorang untuk berbicara.

Jika dalam sehari pria bisa mengungkapkan hingga 7.000 kata, maka wanita bisa bicara 20.000 kata. Keahlian atau kepandaian dalam bidang tutur dan bahasa ini ternyata dipengaruhi oleh protein pada otak wanita.

Dilansir dari Nydailynews.com, Mike Bowers, salah satu dari tim peneliti mengatakan bahwa penemuan utamanya adalah protein FOXP2 ini terlibat dalam vokalisasi. Penemuan tersebut bisa dikatakan sebagai salah satu penyebab kenapa wanita lebih cerewet dibandingkan pria.

Penelitian yang diterbitkan dalam Jornal of Neoroscience melibatkan sekelompok anak berusia 4 dan 5 tahun. Hasil yang didapat yaitu bahwa pada anak-anak perempuan ditemukan protein bahasa 30 persen lebih banyak.

Peneliti menekankan bahwa pemahaman terhadap bagaimana gen bisa mempengaruhi kemampuan bicara manusia masih harus digali lebih dalam lagi. Penelitian yang masih tergolong kecil ini masih belum bisa memberikan kesimpulan besar atas perbedaan gender dan gen dalam otak manusia. (NR)

Comment di sini