Perbandingan BlackBerry Z10 vs HTC One

by
February 25th, 2013 at 9:27 am

htc-one-vs-blackberry-z10CiriCara.com – Saat yang ditunggu telah tiba, satu persatu smartphone penguasa tahun ini mulai bermunculan. Dimulai dengan BlackBerry Z10 dan kini disusul HTC dengan smartphone Android terbarunya yakni HTC One yang baru saja rilis Selasa (19/2/2013) kemarin.

Dua smartphone ini mengincar tujuan yang sama yakni menghentikan dominasi Apple dan Samsung dalam persaingan ponsel pintar. Namun titik persaingan antara dua ponsel ini pun sudah terlihat. Berhubung baru dua ponsel ini saja yang hadir, mari langsung kita bandingkan saja melalui 5 poin perbandingan.

Berikut ini perbandingan antara BlackBerry Z10 dengan HTC One:

1. Desain dan kualitas pembuatan

Dilihat dari depan kedua ponsel ini sekilas kelihatan mirip dan bahkan juga mirip dengan iPhone 5. Namun jika kita lihat dari belakang, perbedaan akan terlihat jelas. HTC One memajang desain kelas atas dengan rangka alumunium, sedangkan Z10 terasa lebih sederhana dengan desain plastik dan finishing karet bertekstur, walaupun begitu pada saat digenggam ponsel ini pun tidak terasa murahan.

2. Layar

HTC One memajang layar cantik 4.7 inchi 1080p menawarkan ketajaman 448 pixel per inchi. BlackBerry Z10 hadir dengan layar yang lebih kecil yakni 4.3 inchi dengan resolusi 1280 x 768 berketajaman 356 pixel per inchi. Pada prakteknya kedua layar menyuguhkan gambar yang tajam, tampilan text dan video yang jelas. Bila dilihat bersebelahan layar BlackBerry Z10 memang agak cebol, kurang pas bagi penyuka media. Namun jika tangan kita tidak terlalu besar, maka Z10 terasa lebih pas.

3. Performa mesin

Tenaga di bawah kap mesin HTC One meledak-ledak dikarenakan hadirnya prosesor 1.7Ghz quad-core Snapdragon 600. BlackBerry Z10 hanya sedikit lebih lambat yakni dengan prosesor 1.5Ghz dual-core Snapdragon. Pada prakteknya keduanya menunjukan performa yang memuaskan, lancar dan mulus saat menjalankan game serta keluar-masuk aplikasi.

4. Kamera

Walau dalam beberapa tes, kamera Z10 memang kurang bagus dibandingkan dengan smartphone kelas atas lainnya, tetap saja kamera ini bisa menghasilkan gambar yang cukup tajam dan terang. Dengan fitur Time Shift yang memampukan kita memilih foto mana yang terbaik dalam satu jepretan.

Di sisi lain, kamera HTC One diklaim sangat mengaggumkan. Dengan resolusi 4 MP dan fitur UltraPixel di mana sensor kameranya mampu menangkap 300 persen cahaya lebih banyak dari kamera lain.

5. Sistem operasi

Seperti kita tahu,RIM benar-benar menggantungkan harapan pada versi BlackBerry terbarunya ini. Upgrade besar-besaran pun terlihat dari metode pengoperasian layar sentuh yang lebih bersahabat dan juga kanal BlackBerry, yang menjadi saluran bagi seluruh komunikasi teks, e-mail, dan sosial media. Aplikasi juga sudah disiapkan untuk versi terbaru ini, RIM menyampaikan bahwa setidaknya ada 70.000 lebih aplikasi sudah tersedia di BlackBerry App World.

HTC pada ponsel terbarunya ini masih setia dengan sistem operasi yang telah bertahun-tahun mengangkat ponsel-ponsel besutannya. HTC One hadir dengan sistem operasi Android terbaru yang dibungkus dengan tampilan antarmuka HTC Sense. Sense juga menghadirkan fitur baru yakni BlinkFeed, semacam live widget yang ter-update langsung.

Melihat perbandingan ini seperti melihat ikan beda habitat, yang satu air tawar dan yang satunya lagi air asin. Jadi bila Anda mengejar hardware yang maksimal dan dukungan sistem operasi yang matang, maka pilihan jatuh pada HTC One. Namun bila Anda ingin bertualang di dunia BlackBerry yang baru, BlackBerry Z10 bisa menjadi wahana yang seru. (LH)