Perbandingan PlayStation 4 dan Xbox 720

by
February 25th, 2013 at 8:31 am

ps4versusxbox720CiriCara.com – Setelah pengumuman resmi PlayStation 4 kemarin, banyak pemerhati game bertanya-tanya, bagaimana dengan Xbox? Kini kita sudah mengetahui sedikit tentang spesifikasi PlayStation 4 dan kabar-kabar yang terkait, namun kita lupa bahwa Microsoft juga sedang menyiapkan mesin game canggih penerus generasi Xbox yang akan menandingi PS4.

Penasaran perangkat game manakah yang lebih hebat? Berikut ini ada perbandingan antara PlayStation 4 dan Xbox 720:

1. Waktu peluncuran

Sony mengumumkan bahwa PlayStation 4 akan meluncur pada musim liburan 2013, sedangkan Kotaku melaporkan bahwa perangkat ini akan meluncur bulan November. Sudah jelas Sony ingin meluncurkan produk ini sebelum liburan Natal dengan harapan PlayStation 4 akan jadi produk terpanas 2013. Tampaknya hal yang sama juga direncanakan oleh Microsoft, beberapa bocoran dari orang dalam menyatakan bahwa kemungkinan Xbox 720 akan meluncur bulan November juga.

Belum ada konfirmasi yang pasti dari Microsoft mengenai berita ini, namun menurut sumber yang dapat dipercaya, Microsoft akan memberikan pengumuman resmi Xbox 720 pada ajang Game Developer’s Conference Maret mendatang. Walau hal ini belum pasti tapi seharusnya dalam bulan-bulan ke depan informasi tentang dua perangkat game ini akan semakin gencar.

2. Spesifikasi

Dalam hal ini sepertinya ukuran adalah yang menjadi acuan, tentu saja yang kita bicarakan bukan ukuran fisik dari kedua perangkat game tapi dahsyatnya kekuatan hardware masing-masing produk. Hadware ini termasuk prosesor, kartu grafis, RAM, dan sebagainya dan hal ini biasa disebut teraflop. Teraflop adalah satuan pengukuran tenaga komputer secara keseluruhan. Dari bocoran yang masuk, PS4 dua kali lebih kuat dari Xbox 720 dari segi teraflops. Jika benar, maka PS4 akan memiliki 1.84 teraflop sedangkan Xbox 720 hanya memiliki 1.23 teraflop.

Apa ini berarti PS4 akan jauh lebih bagus dari Xbox 720? Masing-masing memasangkan RAM yang sama yakni 8GB, tapi tenaga tidak hanya tergantung hardware tapi bagaimana pengembang memanfaatkan hardware tersebut.

3. Game

Sony sudah mengonfirmasi beberapa judul game yang akan keluar, namun tidak banyak di antaranya yang khusus dibuat untuk PS4, kebanyakan untuk kedua perangkat game ini seperti “Destiny” dan “Watch Dogs”. Terlalu dini untuk menilai masing-masing game yang dibuat secara khusus untuk gadget-gadget ini karena memang belum banyak game khusus tersedia untuk kedua perangkat.

Hingga saat ini belum ada inovasi game yang menarik dan orisinal dari PS4 dan juga Xbox 720. Namun tanda-tanda ke arah situ sudah ada, bahwa nantinya akan muncul banyak game-game kelas berat. Apabila saat itu tiba maka kita bisa membandingkan secara jelas game-game khusus dari masing-masing perangkat.

Salah satu kunci perkembangannya adalah melalui pengembang-pengembang indie yang akan membantu menambah koleksi game untuk kedua gadget ke depannya.

Pada dasarnya yang kita bandingkan sekarang ini adalah dua gadget yang terlihat sama secara performa, memiliki dukungan game yang sama dan keluar pada waktu yang berdekatan. Walaupun begitu saat pemasaran nanti masing-masing perangkat akan mencoba menjatuhkan satu sama lain, karena keduanya merupakan produk unggul maka pasar akan memilih bukan berdasarkan apa yang bisa tapi apa yang tidak bisa dilakukan salah satu perangkat. (LH)

Comment di sini