Video: Kualitas Kamera UltraPiksel HTC One

by
February 25th, 2013 at 10:11 am

htc-one-camera-faceoff-with-a-samsung-galaxy-s-iiiCiriCara.com – Setelah HTC membuka tabir perangkat Android terbarunya yakni HTC One, banyak yang menyangsikan kualitas hasil foto kameranya. Tentu saja banyak yang heran karena HTC hanya memasang kamera dengan resolusi 4.3 megapiksel sedangkan kini sudah zamannya 13 megapiksel.

Namun HTC berkata bahwa HTC One ini menggunakan “UltraPixels” di mana memiliki sensor besar peka cahaya yang dapat menangkap sinar lebih banyak dari sensor kamera biasanya sehingga dapat menangkap gambar yang lebih jelas bahkan saat kurang pencahayaan. Dalam pencahayaan normal, sensor ini dapat menangkap detail yang sebanding dengan kamera 8 megapiksel.

Symon Whitehorn selaku director of special projects HTC berkelakar bahwa megapiksel hanya untuk memudahkan penjualan saja dan berkata bahwa megapiksel memang penting tetapi dalam konteks yang tepat.

Menurutnya, “Pada dasarnya cahaya adalah sekumpulan photon dalam bentuk gelombang, jadi semakin besar pikselnya semakin banyak kita dapat menangkapnya.” Lalu ia menambahkan, “Sensor yang besar adalah seperti ember dan sensor yang kecil seperti cangkir, untuk menampung air lebih banyak, tentunya menggunakan ember lebih bagus daripada cangkir walaupun cangkir itu banyak tetap ada jarak di antaranya yang membuat air tumpah ke mana-mana dan air yang tumpah itu adalah noise.”

Kamera HTC One memiliki sensor 1/3-inch BSI CMOS standar, yang membedakan adalah karena memiliki lebih sedikit piksel, sensor ini mampu mendapatkan piksel berukuran 2.0 micron, di mana sebanding dengan kamera saku dan jauh lebih besar dari 1.4 micron piksel pada kamera 8 MP milik iPhone 5 dan Samsung Galaxy S III.

Namun bagaimana dalam prakteknya? Seusai dites oleh Mashable, kamera ini dinilai masih kurang sempurna di mana foto pergerakan orang dalam cahaya yang redup masih blur. Namun warna dan detail pada objek yang tidak bergerak lumayan mengaggumkan.

Saat dites di sebuah restoran dengan cahaya rendah HTC benar-benar menunjukan kualitas kameranya dengan menangkap gambar yang lebih tajam dan bersih daripada kamera pada Samsung Galaxy S III. Detail pun terlihat tajam menggunakan kamera 4MP ini tidak seperti kamera 8MP Galaxy S III. Namun Galaxy S III unggul pada tingkat pembesaran gambar.

Apakah kamera 4.3 MP dengan UltraPiksel dapat memuaskan harapan pencinta smartphone? Bila hasil jepretan kamera ingin dicetak besar maka tentunya megapiksel yang besar bisa mengakomodasinya, namun bila kita hanya melihat foto-foto ini di komputer atau di ponsel mungkin tidak akan terlihat bedanya.

(LH)

Comment di sini