10 Keuntungan dari Tertawa

by
February 26th, 2013 at 5:02 pm

10 keuntungan dari Tertawa CiriCara.com – Akhir-akhir ini, kita sering mendengar berbagai jenis penyakit berbahaya seperti tifus, dan ada juga penyakit yang mematikan, seperti radang selaput otak, kanker, dan lain sebagainya.

Dewasa ini, banyak orang yang sudah memulai hidup sehat dengan menjaga pola makan dan berolahraga. Tetapi, sebagian dari mereka tidak luput dari penyakit-penyakit seperti stroke, darah tinggi, diabetes, dan lain-lain.

Sebenarnya, cara alami untuk tetap sehat dan terhindar dari sakit penyakit cukup mudah, yaitu hanya dengan tertawa selama 15 menit setiap harinya.

Menurut para peneliti, orang dewasa hanya tertawa sebanyak 17 kali per hari, sedangkan anak-anak bisa tertawa hingga 400 kali setiap hari. Tapi lain halnya dengan anak-anak yang pemurung apalagi yang hobi marah, bisa-bisa satu hari mereka lalui tanpa ketawa.

Bagi kamu yang sudah merasa kurang tertawa alias berubah menjadi pemurung, segeralah dapatkan kembali selera humor-mu yang dulu, karena survei sudah membuktikan bahwa tertawa itu sangat baik bagi kesehatan, karena tertawa itu dapat…

1. Mengubah perspektif

Seringkali, tertawa dapat meringankan beban yang ada dalam pikiran hingga membuat orang tersebut dapat berpikir lebih jernih dan terbuka. Itulah sebabnya mengapa tertawa dapat mengubah perspektif seseorang atau sudut pandang seseorang.

2. Mengurangi stres

Terbukti bahwa tertawa mampu mengurangi ketegangan pada otot dan sistem saraf manusia sehingga tekanan darah pun tidak tinggi, tingkat produksi hormon stres dalam diri juga berkurang. Jadi tertawa memang cara yang lebih baik untuk mengekspresikan emosi dibandingkan dengan marah-marah.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Bukan hanya antibiotik dan vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Tetapi, kegiatan sederhana seperti tertawa, juga mampu meningkatkan jumlah sel-sel pembentuk daya tahan tubuh manusia. Jika ingin sehat terus, banyak-banyaklah tertawa.

4. Mengurangi rasa sakit

Hal ini pun juga sudah teruji. Jika orang yang menderita sakit tapi orang tersebut tetap bahagia dan sering tertawa, lambat laun orang itu akan sembuh dari sakitnya. Hal tersebut dikarenakan tertawa mampu mengalihkan pikiran seseorang dari rasa sakitnya dan melepaskan hormon endorfin (hormon bahagia) lebih banyak, sehingga pikiran mereka lebih tenang.

Keuntungan dari tertawa

5. Meningkatkan energi

Untuk meningkatkan energi tubuh, manusia tentu membutuhkan makanan. Selain makanan, ternyata tertawa juga dapat meningkatkan energi tubuh karena membuat orang tersebut menghirup oksigen lebih banyak dibandingkan orang yang tidak tertawa, dan oksigen tersebut dapat membantu tubuh mengeluarkan racun. Jika kamu ingin terlihat bersemangat, yang perlu kamu lakukan ialah tertawa lebih sering.

6. Menjadi olahraga ringan

Dengan tertawa, otot dalam perut, wajah, dan bahumu menjadi bergerak. Hal itu menciptakan sedikit olahraga bagi otot-otot pada bagian tersebut, sehingga dengan sering tertawa, dapat dikatakan bahwa kamu sudah berolahraga ringan.

7. Melindungi jantung

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh spesialis jantung di Universitas Maryland, dengan setidaknya tertawa selama 15 menit per hari, itu sudah sama dengan orang yang melakukan olahraga 3 kali seminggu dengan durasi 30 menit. Itulah sebabnya mengapa tertawa dikatakan baik pula bagi kesehatan jantung.

8. Membuat awet muda

Otot yang paling terpengaruh dan bekerja keras saat seseorang tertawa ialah otot wajah. Setidaknya ada 15 otot di wajah kita yang meregang saat kita tertawa. Hal ini membantu melancarkan aliran darah di wajah, sehingga wajah akan terlihat selalu berseri dan awet muda. Buktikan saja!

9. Membuat orang terlihat menarik

Selain awet muda, pria atau wanita tentu mencari orang yang riang dan gembira untuk menjadi pasangannya. Hal tersebut juga telah terbukti bahwa orang yang senang tertawa atau bahkan tersenyum, pasti disenangi oleh orang lain di sekitarnya.

10. Meningkatkan kualitas hubungan

Hubungan dalam hal ini bukan hanya sekadar hubungan asmara dengan kekasih saja, tetapi juga bisa hubungan pertemanan, hubungan antara anak dan orangtua, dan lain sebagainya. Poin ke-10 ini berkaitan dengan poin ke-9 yang sudah dijelaskan sebelumnya. Karena tertawa membuat seseorang menjadi menarik, tidak heran kalau hal itu juga akan mempengaruhi hubungan sosialnya di tengah-tengah masyarakat. Siapa yang tidak suka dengan orang yang ceria dan semangat?

Jadi, kalau kamu ingin terlihat awet muda, menarik, sehat dan dianggap menyenangkan oleh orang lain, mulailah untuk lebih banyak tertawa, paling tidak tersenyum.

(yk)

Comment di sini