Anas Tersangka, Puluhan Mahasiswa Makassar Tuntut Janji

by
February 26th, 2013 at 4:32 pm

Makassar (CiriCara.com)Anas Urbaningrum ditetapkan menjadi tersangka kasus korupsi proyek Hambalang pada hari Jumat, 22 Februari 2013 lalu.

Setelah ditetapkan menjadi tersangkan, banyak pihak menagih janji Anas Urbaningrum. Pasalnya, mantan politisi Partai Demokrat ini mengatakan bahwa ia rela untuk digantung di Tugu Monas bila terbukti korupsi.

Merdeka

Merdeka

“Maaf, saya lama-lama  boleh merasa agak capek ditanya dan disudutkan trs urusan yg saya tdk tahu dan tidak terlibat : wisma atlit dan hambalang,” tulis Anas dalam akun Twitternya, @anasurbaningrum pada bulan Maret 2012 silam.

Saya ingin tegaskan bahwa saya tidak tahu urusan, apalagi terlibat urusan tuduhan korupsi wisma atlit dan hambalang. Itu fitnah dan rekayasa. Kalau saya korupsi wisma atlit dan hambalang, satu rupiahpun, saya bersedia ditembak mati atau digantung di Monas. Bgm dng yg bikin fitnah? Bagaimana pula dng yg menyutradarai fitnah? Bagaimana pula yg berternak fitnah dan menjadi corong fitnah? Apakah mrk mu dijadikan pahlawan?” lanjut Anas kalai itu.

Selain berkicau di Twitter, Anas juga pernah menyatakan hal yang sama di Kantor DPP Partai Demokrat.

“Saya yakin. Yakin. Satu rupiah saja Anas korupsi di Hambalang, gantung Anas di Monas,” ujar Anas di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Jumat 9 Maret 2012 lalu.

Karena janji yang pernah dibuatnya itu, kini masyarakat berbondong-bondong menagih ucapannya. Dari daerah Makassar misalnya, mahasiswa yang tergabung dalam solidaritas rakyat anti korupsi menuntut Anas Urbaningrum untuk menepati janji digantung di Monas karena telah ditetapkan menjadi tersangka kasus korupsi.

Mahasiswa tersebut melakukan aksi unjuk rasa di bawah flyover sekitar pukul 12.30 WITA. Mereka meminta agar harta para koruptor disita dan dikembalikan kepada rakyat.

Selain itu mahasiswa juga menuntut agar Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) segera mengusut kasus-kasus korupsi lain di Indonesia.

Aksi unjuk rasa mahasiswa di Kota Makassar itu mengakibatkan kemacetan panjang karena para pengunjuk rasa memasang blokade di sepanjang flyover dengan mobil kontainer sepanjang 10 meter. (RN)

Comment di sini