CiriCara: 5 Cara Nyaman Menggunakan Smartphone Android

by
February 26th, 2013 at 9:11 am

Spice-to-launch-three-Secure-Android-phonesCiriCara.comSistem operasi Android yang begitu terbuka membuat tangan-tangan jahil mudah untuk masuk dan mengganggu penggunanya. Kini virus, aplikasi jahat malware, spyware, dan sebagainya telah tersebar luas mengintai pengguna Android yang lengah.

Virus dan malware ini dapat mencuri data dalam Android hingga merusaknya. Bagaimana cara agar tetap nyaman menggunakan Android? Cek 5 cara nyaman menggunakan smartphone Android di bawah ini:

1. Instal Antivirus

Karna performa sistem operasi Android mendekati sistem operasi komputer maka dibutuhkan juga alat penangkal virus dan malware seperti pada komputer. Sama dengan komputer, aplikasi antivirus untuk Android juga tersedia lengkap dari yang sederhana hingga yang rumit. Dengan menginstal antivirus pada Android Anda, setiap aplikasi yang masuk atau data yang masuk semuanya di scan terlebih dahulu, sehingga lebih aman.

2. Berhati-hati terhubung dengan jaringan Wi-Fi

Jaringan hotspot juga sering dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab dengan meretas perangkat yang terhubung. Berbagai macam hal bisa dilakukan lewat jaringan ini termasuk mengetahui situs yang Anda kunjungi, password yang Anda gunakan, hingga data yang keluar masuk perangkat Android Anda.

Namun jika terpaksa harus terhubung dengan Wi-Fi, gunakanlah layanan VPN. Sistem operasi Android sangat mendukung layanan ini dan Anda dapat melakukan pengaturan dengan mudah serta cepat.

3. Selektif dalam memilih aplikasi

Aplikasi adalah cara yang paling mudah dan umum dalam penyebaran virus dan malware. Dibungkus dengan nama atau tampilan aplikasi yang tidak mencurigakan, aplikasi ini dapat melakukan banyak hal dengan perangkat Android Anda, tentu saja setelah diinstal.

Untuk itu hindari menginstal aplikasi yang bukan dari Google Play Store dengan menghilangkan centang pada pilihan “Allow installation of non-Market applications” yang terdapat pada menu aplikasi di dalam “Settings”. Dengan melakukan ini maka aplikasi yang Anda instal sudah tersaring oleh Google.

4. Hindari root

Bagi ahli-ahli Android, dengan melakukan root pada perangkat Android,  kita akan memiliki kendali penuh akan sistem Android. Hal ini memang benar adanya, namun memang root hanya disarankan untuk pengguna yang juga bisa mengendalikan secara penuh sistem Android. Artinya jika Anda belum berpengalaman bermain dengan sistem Android dan Anda memutuskan untuk melakukan root, Android Anda akan terbuka lebar dari serangan aplikasi jahat yang masuk.

5. Instal aplikasi anti maling

Setelah semuanya Anda lakukan untuk mengamankan Android Anda, ada hal yang masih tertinggal yang bersifat sangat nyata, yakni smartphone Android Anda dicuri orang. Tentunya data di dalamnya bisa diakses dengan mudah. Gunakanlah aplikasi anti maling atau anti-theft yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini bisa mencegah dan mengatasi masalah kehilangan perangkat Android. Ada aplikasi yang membuat smartphone Android Anda berbunyi ketika digerakkan dan ada juga yang mencegah orang lain untuk mengakses data Android Anda, hingga yang bisa melacak Android Anda saat hilang lewat GPS.

Cara-cara ini akan membuat perangkat Android Anda lebih awet dan data di dalamnya pun terjaga. Selamat mencoba. (LH)

Comment di sini