CiriCara: Cara Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar

by

si anak belajarCiriCara.com – Beberapa orangtua mengeluh kalau mereka cukup sulit menasihati anaknya belajar. Saat disuruh untuk belajar, si anak malah tak mau berhenti memainkan games. Selain itu, si anak juga lebis memilih menonton televisi daripada harus mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh gurunya.

Melihat hal tersebut, Anda sebagai orangtua tentunya harus memiliki cara agar si anak jadi mau dan rajin belajar. Namun, jangan memarahinya atau sampai memukulinya jika si anak tak ingin belajar. Hal tersebut bisa membuatnya stres sehingga berdampak buruk pada psikologisnya.

Untuk itu, Anda harus menasihatinya dengan cara yang tepat dan memotivasi dirinya. Bagaimana caranya? Berikut cara memotivasi si anak agar rajin belajar:

1. Memberikan dukungan

Dukungan sangat diperlukan si anak. Dukungan bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Misalnya, saat si anak mendapat nilai buruk, Anda tak boleh langsung memarahinya dan memberikan “Label” anak bodoh. Sebaliknya, Anda harus bisa meluangkan waktu untuk berdiskusi dengannya. Tanyakan kepadanya kenapa dirinya bisa mendapatkan nilai jelek dan berikan solusi untuknya.

2. Tetapkan jam belajar

Corbisimages

Corbisimages

Anda harus membuat kesepakatan dengan si anak mengenai jam belajar. Misalnya, si anak harus belajar satu jam saat sore hari dan satu jam pada malam hari. Namun, jadwal tersebut harus disesuaikan dengan jam sekolah si anak. Beri waktu anak untuk makan dan beristirahat sebelum belajar di rumah. Saat waktunya belajar, si anak harus melakukannya dan tak boleh menonton televisi atau bermain games.

3. Belajar sambil bermain

Setiap orang tentunya memiliki metode yang berbeda saat belajar. Namun, untuk si kecil Anda harus menerapkan metode belajar sambil bermain agar tak membuatnya bosan. Misalnya, mengajarkan bahasa Inggris melalui film kartun atau lagu barat anak-anak. Dengan begitu, si anak anak merasa senang dan juga mendapatkan pengetahuan baru.

4. Memberikan contoh baik pada anak

Agar si anak rajin belajar, Anda juga harus memberikan contoh yang baik pada si anak. Saat dirinya sedang belajar, Anda jangan malah menonton televisi atau tidur-tiduran. Usahakan Anda juga melakukan aktivitas lain, seperti membaca buku, novel, dan lain sebagainya. Bila perlu, Anda berada di samping si anak saat dirinya sedang belajar.

5. Merayakan keberhasilannya

Saat anak berhasil mendapat prestasi yang memuaskan, jangan segan-segan untuk memujinya. Sekecil apapun keberhasilan yang dilakukannyam Anda harus memberikan pujian untuknya. Selain itu, merayakan keberhasilannya dengan membuatkan menu makan malam kesukaannya juga bisa membuat si anak jadi lebih termotivasi lagi untuk belajar.

Itulah cara memotivasi anak agar rajin belajar. Memotivasi anak harus dilakukan dengan cara yang tepat dan menyenangkan. Buat si anak merasa bahwa orangtuanya selalu memberi dukungan dan memuji keberhasilannya. Dengan begitu, saat dewasa nanti si anak bisa membuat Anda bangga. (NR)


comments powered by Disqus