CiriCara: Cara Menghindari Radang Selaput Otak

by
February 26th, 2013 at 11:21 am

radang selaput otakCiriCara.comRadang selaput otak atau bahasa kedokterannya adalah meningitis merupakan penyakit yang menyerang bagian saraf atau otak. Jika otak sudah terserang, maka akan membahayakan penderitanya. Salah satu penyakit yang cukup membahayakan ini disebabkan oleh mikroorganisme, seperti virus, bakteri, atau jamur yang menyebar dalam darah ke cairan otak.

Jika si penderita tidak ditangani secara tepat, maka bisa berakibat fatal. Risiko yang akan dialami penderita, diantaranya cacat, lumpuh, gangguan mental, dan kematian. Namun, ada beberapa cara agar Anda tak terkena penyakit radang selaput otak. Dilansir Life.Viva.co.id, Irawan Mangunatmadja, Dokter Spesialis Saraf Anak RSCM memberikan tipsnya untuk Anda.

Berikut cara menghindari radang selaput otak:

1. Pemberian vaksinasi

Pemberian vaksinasi merupakan perlindungan primer untuk mencegah infeksi penyakit. Namun, masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya vaksinasi. Ketahuilah bahwa meningitis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Untuk mencegahnya, Anda harus rajin melakukan vaksinasi. Vaksin akan bekerja dua pekan setelah disuntik, kemudian akan aktif selama 3 tahun.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Meningitis

Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh lemah akan sangat mudah terkena penyakit. Untuk itu, Anda disarankan agar meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi, rajin berolahraga, dan makan tepat waktu. Selain itu, Anda juga harus beristirahat cukup setiap harinya agar daya tahan tubuh tidak menurun.

3. Menjaga kebersihan

Virus dan bakteri tentunya bisa masuk ke dalam tubuh manusia. Untuk itu, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh dari dalam maupun luar. Rajinlah mencuci tangan dengan sabun hingga bersih setelah menyentuh batang-barang yang banyak mengandung kuman, seperti ponsel, uang, dan barang lainnya yang sering disentuh banyak orang.

4. Tidak melakukan kontak langsung dengan si penderita

Meningitis ini kemungkinan menularnyan bisa dari batuk, bersin, berciuman, dan kontak-kontak secara langsung lainnya. Untuk itu, pastikan Anda menghindari kontak langsung dengan si penderita. Jangan menggunakan barang-barang bersama dengannya, seperti memakai sikat gigi bersama, berbagi makanan dengan satu sendok, dan lain sebagainya.

Itulah cara menghindari radang selaput otak. Selain itu, Irawan juga menambahkan bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi jenis meningitis, apakah meningitis viral, TBC, atau bakterialis dari gejala-gejala alami dengan cara pengambilan sampel cairan dari punggung. Setelah teridentifikasi, seorang dokter baru bisa menangani dan mengobati secara tepat. (NR)

 

Comment di sini