CiriCara: Cara Mudah Unroot Smartphone Android

by

Como-fazer-unroot-no-androidCiriCara.com – Pencinta ponsel pintar Android tentu saja sudah akrab dengan istilah root. Ya, root adalah proses membongkar sistem Android hingga kita memiliki akses penuh atas perangkat Android.

Dengan root Anda bisa menginstal aplikasi atau tools yang tidak resmi, karena kadang kita menginginkan Android kita bekerja dengan maksimal.

Namun bila Anda sudah bosan bermain-main dengan root dan sistem Android atau karena suatu alasan Anda ingin Android Anda yang sudah di-root kembali seperti semula, Anda bisa melakukan unroot. Bagaimana caranya? Berikut ini cara mudah unroot smartphone Android (dipraktikkan pada Android OS Gingerbread):

1. Pertama, unduh aplikasi unroot update-unroot.zip.

2. Selanjutnya, sambungkan Android Anda dengan komputer.

3. Buka folder kartu SD di dalam Android dengan menggunakan file explorer komputer. Di dalamnya Anda bisa menemukan file dengan nama “update.zip”.

4. Hapus file tersebut.

5. Masukkan file unroot yang sudah di-download tadi pada folder kartu SD dan jangan diekstrak.

6. Selanjutnya ubah nama “unroot_update.zip” menjadi “update.zip”.

7. Tutup file explorer dan cabut Android dari komputer.

8. Kini restart Android Anda dan masuk ke recovery mode dengan menekan tombol”x” dan tombol power.

9. Pilih “Install” dari menu recovery lalu pilih “Allow update.zip installation.”

10. Terakhir pilih  ”install sdcard/update.zip (depreciated)

Untuk menghapus semua data dan mengembalikan perangkat Android ke pengaturan semula pilih “Wipe Cache Partition” lalu pilih “Wipe data/Factory Reset“. Proses unroot akan berjalan dengan otomatis dan setelah selesai Android akan restart. Kini Android Anda akan terasa seperti baru.(LH)


comments powered by Disqus