Jokowi Rela Gaji dan Tunjangannya Dihilangkan

by
February 26th, 2013 at 2:29 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Mengenai wacana kenaikan gaji para kepala daerah, Gubernur DKI Jakarta Jokowi lebih memilih tidak menghiraukannya. Bahkan, Jokowi juga tidak akan mempermasalahkan jika nantinya gaji dan tunjangannya itu dihilangkan.

Thejakartaglobe.com

Thejakartaglobe.com

Jokowi mengaku tidak ingin memikirkan masalah kenaikan gaji tersebut. Jokowi hanya ingin berfokus pada tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta. “Ya gaji pun kalau dihilangkan juga nggak apa, itu kok dipikir rumit,” katanya.

Selain gaji, bahkan Jokowi juga tidak masalah jika tunjangannya sebagai Gubernur DKI Jakarta dihapuskan. Mantan Wali Kota Solo ini mengaku tidak pernah memikirkan jumlah gaji ataupun tunjangan yang akan dia terima.

“Tunjangan pun (dihilangkan) juga nggak mikir kita,” lanjut Jokowi saat mengikuti acara presiden eksekutif club round table discussion bersama Jokowi, di Menara Batavia, KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari detik.com, Selasa (26/2/2013).

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahok sempat mempublikasikan jumlah gaji yang diterimanya dan juga Jokowi. Namun, Jokowi sendiri mengaku tidak pernah menerima ataupun menggunakan uang tersebut. Jokowi hanya sekedar tanda tangan tanpa memperhatikan jumlahnya.

Sebelumnya, Presiden SBY telah menyetujui rencana kenaikan gaji bupati seluruh Indonesia. Keputusan tersebut sudah dikoordinasikan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Nantinya, Kemendagri akan menentukan besaran kenaikan gaji yang akan diterima para bupati.

Menurut Mendagri Gamawan Fauzi, jika gaji bupati naik maka tunjangan yang mereka terima akan dihilangkan. “Kalau gaji itu dinaikkan, pendapatan lain (tunjangan) akan dihilangkan,” kata Gamawan beberapa hari yang lalu.

Wacana kenaikan gaji para bupati itu sempat memunculkan berbagai pendapat, salah satunya mengenai pengeluaran negara. Jika gaji bupati seluruh Indonesia naik, dikhawatirkan pengeluaran negara akan bertambah banyak. Bagaimana menurut Anda?

(YG)

Comment di sini