4 Browser Super Cepat Untuk Tablet Android

by
February 27th, 2013 at 9:06 am

timthumb.phpCiriCara.com – Secara umum aplikasi Android penjelajah dunia maya secara performa masih kurang maksimal. Ini termasuk empat browser mainstream Android yakni Firefox, Dolphin, Opera, dan Chrome.

Banyak pengguna Android yang belum tahu bahwa ada beberapa browser lain dengan performa handal dan bahkan lebih bagus lagi bila digunakan di tablet Android.

Seperti dikutip dari MakeUseOf.com, empat browser andal untuk tablet Android ini adalah Puffin, Lightning, UC, dan Maxthon. Pada dasarnya penilaian browser ini dilihat dari hasil benchmark, permissions, dan bloat. Sebagai tambahan, untuk menakar performa sesungguhnya dalam praktik digunakan situs MakeUseOf sebagai percobaan.

Review singkat

1. Puffin

Browser ini dikatakan memiliki performa browsing super cepat berkat fitur cloud computing dan teknologi render JavaScript. Browser ini juga diklaim sebagai browser dengan JavaScript benchmark tercepat di antara browser lainnya. Cloud computing ini bekerja dengan menyimpan data situs yang Anda kunjungi pada server sehingga penggunanya lebih cepat untuk loading situs tersebut bila dibutuhkan.

2. Lightning

Aplikasi browser ini dibuat oleh XDA Developer untuk mengisi kekosongan stok browser internet ringan khusus tablet. Browser ini berfungsi mirip seperti Naked Browser di mana menanggalkan seluruh bloat dari browser. Browser ini juga menggunakan mesin WebKit yang terdapat di dalam sistem Android, sehingga file instalasinya kecil dan ringan saat digunakaan.

3. UC Browser HD

UC mengklaim browser ini sebagai browser internet mobile yang tercepat. Browser ini menawarkan beberapa fitur menarik seperti kemampuan untuk memuat versi ringan dari sebuah situs dan melakukan load halaman-halaman lain sebuah situs sebelum halaman itu dibuka sehingga akan mempercepat loading.

4. Maxthon HD

Seperti Puffin, Maxthon juga menggunakan sistem cloud di mana menyimpan aktivitas browser di servernya sehingga saat digunakan akan terasa lebih cepat. Browser ini juga dilengkapi dengan fasilitas sync di mana data browsing suatu perangkat bisa dipindahkan ke perangkat lain.

Benchmarks

Tiga benchmark digunakan dalam tes ini, ada SunSpider, BrowserMark, dan Peacekeeper.

SunSpider

SunSpider adalah alat pengukur benchmark untuk mobile browser. Hasil yang ditampilkan hanya untuk render JavaScript. Semakin rendah angkanya semakin bagus.

 2013-02-10_22h15_33_590

Puffin berada di puncak kompetisi dengan skor 317.6 ms, diikuti oleh UC, Maxthon, dan terakhir Lightning.

BrowserMark

Aplikasi benchmark ini digunakan untuk mengetes daya tahan browser. Siapa dengan angka yang paling banyak ialah yang unggul.

 2013-02-10_22h57_54_590

Sekali lagi Puffin membuktikan kelasnya dengan jauh menyingkirkan ketiga browser lain.

PeaceKeeper

Seperti BrowserMark, PeaceKeeper melakukan test sintetis pada setiap browser. Test ini berfokus pada performa HTML5 yaitu salah satu teknologi  web terpenting selain JavaScript.

2013-02-10_22h22_10_590

Sekali lagi browser Puffin unggul jauh di depan pada test ini, diikuti oleh Maxthon dan UC yang lumayan imbang serta Lightning di paling bawah.

Tes dengan MakeUseOf.com

MakeUseOf menjalankan banyak JavaScript, jadi menurut teorinya sekali lagi Puffin yang akan menang. Tapi perlu dicatat juga bahwa browser UC dan Maxthon mencegah iklan JavaScript muncul pada situs ini, dan hal ini mungkin menjadikannya lebih cepat.

2013-02-10_22h18_18_590

Betul sekali, karena Maxthon dan UC tidak memuat iklan JavaScript maka mereka yang paling cepat dikuti oleh Lightning dan Puffin di paling bawah.

Analisis permission dan bloat

Analisa perizinan ini gagal untuk mengungkap sisi istimewa dari suatu browser. Tiada browser yang meminta izin di luar lingkup operasinya, bahkan READ_CONTACTS pun tidak. Pada pemeriksaan bloat, keempat browser lumayan terbebas dari bloat. UC dan Puffin miliki sedikit startup receiver, di mana tiada pemicu yang mengarah ke pergerakan otomatis dari browser tanpa kita kendalikan. Sedangkan Maxthon memiliki dua startup receiver yang dirasa kurang berguna.

Dari keempat browser Lightning lah yang paling ideal, secara performa browser ini berada di tengah namun stabil. Namun bila dilihat dari performa pada tes sintetis, Puffin-lah yang merajai bahkan jauh di depan. Mana menurut Anda yang paling baik? (LH)

Comment di sini